skip to main content

USULAN PEMASANGAN IKLAN PADA SURAT KABAR DITINJAU DARI GERAKAN MATA DAN ATENSI PEMBACA SURAT KABAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE EYE TRACKING

*Muhammad Dwi Ramdhani  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Denny Nurkertamanda  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan usulan kepada pihak pemasang iklan dalam perancangan desain dan penentuan posisi iklan yang mudah dilihat oleh mata pembaca surat kabar. Penelitian ini menggunakan Metode Eye Tracking untuk melihat pergerakan mata pembaca surat kabar pada saat melakukan pencarian bagian yang menarik dari surat kabar. Penelitian ini menekankan pada gerakan mata pembaca surat kabar pada saat melihat halaman surat kabar dalam mencari hal yang dianggap menarik dari isi surat kabar. Dari hasil penelitian didapatkan mata pembaca rata-rata memulai pencarian dari pojok kiri atas dan atensi pembaca lebih tertarik terhadap tulisan yang jelas dan menarik, ini disebabkan karena persepsi orang Indonesia yang membaca dari kiri kekanan dan dari atas kebawah, sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah sebaiknya peletakan iklan yang mudah ditangkap mata pembaca yaitu pada posisi pojok kiri atas dengan mempertimbangkan atensi pembaca yaitu berupa konten-konten yang menarik.

ABSTRACT

The purpose of this study is to provide recommendations to the advertisers in designing and ad positioning is easily seen by the eyes of newspaper readers . This study uses the Eye Tracking method to look eye movement of newspaper readers when searching the interesting part of the newspaper. This study more focus on eye movements of newspaper reader while viewing a page in the newspaper for looking interesting parts that are considered the newspaper of the conten. From the results, the average reader's eyes start searching from the top left corner and the attention of the reader is more interested in writing a clear and attractive, because Indonesian perceptions are read from left to right and from top to bottom , so that the conclusions of this study are best placement of ads that are easily captured the reader's eye on the position of the top left corner with the readers attention in the form of content that’s interesting.

Fulltext
Keywords: Iklan Surat Kabar; Gerakan Mata; Eye Tracking; Persepsi dan Atensi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.