skip to main content

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK AIR BERSIH DAN JASA PELAYANAN DI PERUMDAM TIRTA MAYANG KOTA JAMBI

*M. Agam Prayogi  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ratna Purwaningsih  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap produk air bersih dan jasa pelayanan di Perusahaan Air Minum Milik Daerah (Perumdam) Tirta Mayang Kota Jambi selain itu juga untuk mengidentifikasi kepuasan pelanggan terhadap produk air bersih dan jasa pelayanan di perumdam tirta mayang kota jambi . Pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan pendekatan untuk pengumpulan data. Pada penelitian ini metode analisis memnggunakan analaisis desktiptif, Uji Validasi, dan Uji Realibilitas. Pada penelitian ini sampel yang digunakan dari gologan rumah tangga dikarenakan golongan rumah tangga merupakan pelanggan dengan jumlah konsusmsi tertinggi di Perumda Tirta Mayang Kota Jambi. Dan jumalah responden dari golongan rumah tangga berjumlah 60 responden dengan variabel variabel pada penelitian ini adalah Variabel kualitas pelayanan, Variabel Kualitas produk, dan variabel kepuasan pelanggan. Pada penelitian ini terdapat 58 responden yang puas dan setuju akan pelayanan Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi. Dimana semakin baik kualitas pelayanan maka kepuasan pelanggan semakin meningkat

Kata kunci : Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; Kepuasan Pelanggan

ABSTRACK

This research aims to determine what factors influence customer satisfaction with clean water products and services at the Regionally Owned Drinking Water Company (Perumdam) Tirta Mayang, Jambi City, as well as to identify customer satisfaction with clean water products and services at Perumdam. Tirta Mayang, Jambi City. This research uses a questionnaire method and approach to data collection. In this research, the analysis method uses descriptive analysis, validation test and reliability test. In this study, the sample used was from the household group because the household group is the customer with the highest amount of consumption in Perumda Tirta Mayang, Jambi City. And the number of respondents from the household group was 60 respondents with the variables in this research being the service quality variable, product quality variable, and customer satisfaction variable. In this study, there were 58 respondents who were satisfied and agreed with the services of Perumdam Tirta Mayang, Jambi City. Where the better the quality of service, the more customer satisfaction will increase

Keywords: Service Quality; Product quality; Customer satisfaction

Fulltext View|Download
Keywords: Service Quality; Product quality; Customer satisfaction

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.