skip to main content

PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN DEMATEL, ANP, DAN TOPSIS (Studi Kasus Hotel Sahid Plaza)

*Belinda Fitria Nugraheni  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Diana Puspita Sari  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Strategi pemasaran merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam meningkatkan keuntungan setiap hotel, termasuk Hotel Sahid Plaza. Dikarenakan strategi pemasaran dapat menarik minat konsumen/ pelanggan untuk menginap di suatu hotel. Pemilihan strategi pemasaran yang tidak tepat akan mengakibatkan penurunan tingkat penghunian kamar yang mengakibatkan penurunan keuntungan hotel. Sehingga dapat dikatakan, pemilihan strategi yang tidak tepat dapat menyebabkan kerugian pada hotel. Selama ini, pemilihan strategi pemasaran Hotel Sahid Plaza dengan menggunakan metode trial error dimana setiap 2 bulan akan dievaluasi hasil dari strategi yang telah dilakukan, apabila tidak memenuhi target maka strategi tersebut akan dihentikan. Oleh karena itu, perlu adanya suatu proses pemilihan strategi pemasaran Hotel Sahid Plaza dengan melihat kriteria-kriteria yang mempengaruhi dalam proses pemilihan strategi pemasaran dengan mengintegrasikan Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL), Analytical Network Process (ANP) dan Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). DEMATEL digunakan untuk mengetahui hubungan antar kriteria sebagai dasar pembuatan kerangka ANP, kemudian ANP digunakan untuk menentukan bobot kepentingan yang menjadi dasar pemilihan strategi menggunakan TOPSIS. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode-metode tersebut, diketahui bahwa strategi yang terpilih adalah strategi segmentasi.           

 

Abstract

Marketing strategy is one of the most important in improving the profitability of hotel, including Hotel Sahid Plaza. Because of marketing strategies can attract the interest of consumers/customers to stay at a hotel. Selection of inappropriate marketing strategy will result in a decrease in the level of residential room which resulted in decreased profits. So, the selection of an inappropriate strategy can lead to losses for the hotel. During this time, the selection of marketing strategy at Hotel Sahid Plaza using method of trial an error. Every 2 months that marketing strategies will be evaluated as the result of a strategy that has been done, if it doesn't reach the target then it will be terminated. Therefore, the need for a process of selection of the Plaza Hotel Sahid marketing strategy by looking at criteria that influence in the election process by integrating marketing strategy Decision Making of Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL), Analytical Network Process (ANP) and the Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). DEMATEL used to figure out the relationships between the criteria as the basis for the creation of a framework of the ANP, ANP is used to determine weight as the basic election strategy using TOPSIS. Based on calculations by using these methods, it is known that the selected strategy is segmentation strategy.

Fulltext
Keywords: ANP; DEMATEL; Pemilihan Strategi Pemasaran; TOPSIS

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.