skip to main content

PERANCANGAN WORKPLACE PADA LABORATORIUM SISTEM PRODUKSI (LSP) UNTUK MEMENUHI SAFETY AT WORK

*Nur Aeni  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Denny Nurkertamanda  -  Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Laboratorium Sistem Produksi (LSP) yang berada di bawah naungan Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro merupakan laboratorium yang melaksanakan praktikum yang memerlukan kecermatan dan kewaspadaan dalam pelaksanaannya. Banyak keluhan yang dirasakan oleh praktikan dikarenakan fasilitas kerja yang kurang mendukung, sehingga perlu adanya usulan perbaikan fasilitas kerja yang sesuai dengan prinsip anthropometri. Dalam perancangan fasilitas ini digunakan metode QUAD untuk menghasilkan desain produk yang aman, mudah dan efektif. Salah satu penyebab kecelakaan kerja adalah metode kerja belum tersusun dengan baik. LSP menggunakan berbagai mesin yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi. Metode yang digunakan untuk menganalisis potensi bahaya pada penelitian ini adalah JHA  dan Task Analysis .

Selain melakukan perbaikan fasilitas untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja, perlu dilakukan juga penataan tata letak mesin produksi. LSP saat ini memiliki keterbatasan dalam luas ruangan, lebar jalan atau jarak antar mesin sangat sempit. Dengan pembangunan gedung Teknik Industri dan bantuan pengadaan alat laboratorium dan furniture oleh Djarum Foundation, dibutuhkan perancangan tata letak fasilitas untuk LSP. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah perancangan meja kerja dan alas meja mesin, instruksi kerja, dan tata letak. Dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja pada setiap penggunaan fasilitas Laboratorium Sistem Produksi.

 

 

ABSTRACT

Laboratorium Sistem Produksi (LSP) under the auspices of Diponegoro University’s Industrial Engineering Department is  a laboratory that requires high level of austerity and vigilance in doing its practicums. There are a lot of complaints received from the practicum participants caused by less-supported facilities, therefore an anthropometry-based improvement for this issue is required. QUAD method for designing  a safe, easy-to-use, and effective products design is used in designing the facilites. One of the main cause of work accidents is the improper designed work method. LSP uses various machines that have a high risk of danger in its usage. JHA and Task Analysis method are used in this research to analyze various potential danger.

Beside the facility improvements to increase occupational health and safety, a proper layout of engines production placement is also required. Now LSP has a limitation of room space and the narrow distance between each machine. With the new Industrial Engineering Department building being constructed now, alongside the procurement of laboratory equipment and furniture funded by Djarum Foundation been completed, a proper facility layout design is required. Results achieved in this research is to design the work bench and the machine bed, work instructions, and layout. This research is expected to increase occupational safety and health in the usage of each facilities in LSP.

 

Fulltext
Keywords: laboratorium sistem produksi (LSP); keselamatan dan kesehatan kerja; instruksi kerja; tata letak fasilitas

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.