skip to main content

RANCANG BANGUN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA PADA WEBSITE PENJUALAN UMKM ROTI ITY MENGGUNAKAN METODE HUMAN-CENTERED DESIGN

*Yoel Ivan Odius  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Novie Susanto  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Roti Ity merupakan salah satu UMKM di Kota Semarang yang bergerak di sektor makanan, khususnya roti dan hendak mempersiapkan diri untuk go digital. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan UMKM untuk go digital adalah keberadaannya secara online untuk dapat dijangkau melalui internet. Namun hingga saat ini dalam hal pendataan UMKM Roti Ity masih secara konvensional di buku tulis dan dari segi pemasaran UMKM Roti Ity belum memiliki sistem informasi digital yang dapat mempercepat penyampaian informasi usaha, produk, dan pengumpulan data penjualan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan proses perancangan desain antarmuka pengguna website penjualan UMKM Roti Ity menggunakan pendekatan Human-Centered Design. Penelitian ini menghasilkan desain prototype website penjualan yang diharapkan dapat menjadi landasan kuat untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Roti Ity secara online di masa depan.

Kata kunci: antarmuka pengguna; sistem informasi; website; human-centered design; UMKM

Abstract

Roti Ity is one of the SMEs in Semarang City engaged in the food sector, particularly bread, and is preparing to go digital. One of the things that SMEs need to prepare for going digital is their online presence to be accessible through the internet. However, until now, the data management of Roti Ity SMEs is still done conventionally in physical notebooks, and in terms of marketing, they do not have a digital information system that can accelerate the dissemination of business information, product details, and sales data collection. Therefore, this research involves the design process of the user interface for the Roti Ity SME sales website using the Human-Centered Design approach. This study has produced a prototype design for the sales website, which is expected to serve as a strong foundation for the future online growth and sustainability of the Roti Ity business.

Keywords: user interface; information system; website; human-centered design; SME

Fulltext View|Download
Keywords: user interface; information system; website; human-centered design; SME

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.