skip to main content

PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DAN SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN K MEANS CLUSTERING BERDASARKAN RFM MODEL

*Ahmad Karami  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Yusuf Widharto  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

PT XYZ adalah perusahaan penyedia solusi otomasi, informasi, dan pengukuran untuk industri terkemuka yang menggabungkan teknologi unggul dengan layanan teknik, manajemen proyek, konsultasi, dan pemeliharaan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan cakupan dan jumlah pelanggan yang cukup banyak, PT XYZ berusaha untuk membuat sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan dalam memantau bagaimana kontribusi dari pelanggan terhadap bisnis perusahaan. Namun terdapat berbagai tantangan untuk pengimplentasiannya, yang salah satunya adalah banyaknya jumlah jenis produk yang disediakan oleh perusahaan sehingga menambah kompleksitas dalam pengembangannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah kerangka acuan yang tepat dalam pengembangannya, seperti Business Intelligence. Dengan mengaplikasikan cakupan dari Business Intelligence yaitu Data Mining yang dapat mengubah data menjadi informasi yang berharga bagi perusahaan, melalui salah satu teknik Data Mining yaitu K Means Clustering perusahaan dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan suatu kriteria terterntu. Kriteria yang dipilih adalah Model RFM yang terkenal mampu mendeskripsikan nilai dari suatu pelanggan. Dengan menggunakan excel sebagai platformnya dan python sebagai bahasa pemrogramannya, rancangan sistem informasi business intelligence ini didapatkan efektif membantu perusahaan dalam memahami kontribusi dari pelanggan.

Kata kunci: business intelligence, data mining, k means clustering, model rfm, sistem informasi

Abstract

PT XYZ is a leading industrial automation, information, and measurement solution provider that combines superior technology with engineering, project management, consulting, and maintenance services throughout Indonesia. With very high coverage and the number of customers, PT XYZ strives to create an information system that can make it easier to monitor how customers contribute to the company's business. However, there are various challenges for its implementation, one of which is a large number of types of products provided by the company, thus adding to the complexity of its development. Therefore we need a correct framework for the development, such as Business Intelligence. By applying the scope of Business Intelligence namely Data Mining, which can turn data into valuable information for the company, and through one of the Data Mining techniques namely K Means Clustering, companies can group customers based on certain criteria. The criteria chosen is the famous RFM Model which is able to describe the value of a customer. By using excel as the platform and python as the programming language, the design of this business intelligence information system was found to be effective in helping companies understand contributions from customers.

Keywords: business intelligence, data mining, information system, k means clustering, rfm model

Fulltext View|Download
Keywords: business intelligence, data mining, information system, k means clustering, rfm model

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.