skip to main content

ANALSIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TEH KERING (Studi Kasus Pada Perusahaan Teh Tjangkir)

*Robertus Dimas  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pada era modern sekarang perusahaan diminta untuk memproduksi produk dengan menyesuaikan kebutuhan serta keinginan konsumen. Sehingga barang yang diproduksi mampu bersaing di pasaran dan bisa membuat konsumen mempunyai banyak pilihan untuk mengambil keputusan sebelum konsumen membeli barang ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Konsumen tentu akan melakukan pengambilan keputusan sebelum membeli barang ataupun jasa yang ditawarkan. Beberapa variabel tentunya bisa menjadi suatu pengaruh bagi keputusan pembelian. Penelitian ini, menganalisis tentang ada atau tidaknya pengaruh dari kualitas produk, harga produk, dan kemasan produk. Sedangkan populasi yang digunakan di penelitian ini adalah customer yang sudah melaksanakan transaksi pembelian terhadap produk teh kering jenis teh batik yang diproduksi oleh perusahaan Teh Tjangkir. Responden pada penelitian ini 75 konsumen.Teknik pengambilan sampel pada penelitian dilakukan secara sampling, yaitu konsumen yang bertemu dengan peneliti di lapangan dan secara kriteria sudah memenuhi standarnya maka akan menjadi sumber data maka dan menjadi sampel penelitian. Sedankgan untuk metode pengumpulan data yang dipakai yaitu dengan survey. Metode pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode analisis regresi linier berganda.Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel terbesar yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu kemasan produk. Dan hasil dari uji T menunjukan bahwa bahwa kualitas produk, harga produk, dan kemasan produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan berdasarkan Uji F dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga produk, kemasan produk secara simultan tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci : Kualitas produk, Harga produk, Kemasan produk, Keputusan pembelian.

ABSTRACT

In this modern era, companies are required to produce products according to the needs and desires of consumers. So that the goods produced are able to compete in the market and can make consumers have many choices to make decisions before consumers buy goods or services offered by the company. Consumers will certainly make decisions before buying the goods or services offered. Several variables can certainly be an influence on purchasing decisions. This study analyzes whether or not there is an influence from product quality, product price, and product packaging. While the population used in this study were customers who had made a purchase transaction of the company's dry tea products, the type of batik tea produced by Tjangkir Tea. Respondents in this study 75 consumers.The sampling technique in the study was carried out by sampling, namely consumers who meet with researchers in the field and in a mixed manner have met the standards so that they will become a source of data and become a research sample. The data collection method used is a survey. The data processing method used in this study is the method of multiple linear regression analysis.The results of the multiple linear regression analysis show that the biggest variable that influences purchasing decisions is product packaging. And the results of the T test show that product quality, product price, and product packaging partially have no effect on purchasing decisions. And based on the F test it can be interpreted that product quality, product price, product packaging simultaneously have no effect on purchasing decisions. Keywords : Product quality, Product price, Product packaging, Purchase decision.

Fulltext View|Download
Keywords: Product quality, Product price, Product packaging, Purchase decision.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.