skip to main content

ANALISIS RANTAI NILAI UNTUK MENENTUKAN STRATEGI DAYA SAING PRODUK MANISAN CARICA DIENG

*Bibit Setyo Pambudi  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Diana Puspita Sari  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Ary Arvianto  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Carica merupakan buah khas daerah yang dihasilkan di daerah dieng dan tidak mudah ditemukan di daerah lain. Dengan tanah yang subur dan iklim yang mendukung, carica memiliki potensi yang besar untuk dieksplorasi. Industri pengolahan buah  carica menjadi manisan carica saat ini sudah cukup berkembang. Tetapi masih banyak kekurangan dalam industri manisan carica yang menyebabkan daya saing terhadap produk sejenis sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tahapan dan kondisi dari rantai nilai (value chain) produk manisan carica yang selanjutnya akan digunakan untuk menentukan strategi untuk meningkatkan daya saing industri manisan carica. Analisis value chain memandang perusahaan sebagai salah satu bagian dari rantai nilai produk. SWOT digunakan untuk mengetahui gambaran umum mengenai kondisi industri carica. Sedangkan diamond porter digunakan untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail mengenai faktor kondisi (input), kondisi permintaan, industri terkait dan pendukung, dan konteks persaingan dan strategi perusahaan. Selanjutnya dilakukan survei pasar untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap kinerja dan ekspektasi dari 14 indikator dari variabel kepuasan pelanggan. Importance-performance analysis dan customer satisfaction index (CSI) digunakan untuk mengetahui indikator yang perlu diprioritaskan untuk mendapatkan perbaikan kinerjanya.

Masih terdapat banyak masalah mulai pada tahap petani carica, produsen, dan juga retail berdasarkan hasil dari analisis kondisi rantai nilai. Dengan mengacu pada permasalahan tersebut, ditentukan strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan daya saing industri carica. Integrasi horizontal dan vertikal dalam rantai nilai sangat diperlukan untuk menunjang ketahanan dan daya saing industri manisan carica. Kerjasama antar produsen, antara produsen dengan petani, dan produsen dengan retail akan membuat industri ini semakin berkembang dengan pesat. Peran pihak-pihak dari luar rantai nilai carica seperti lembaga penelitian, lembaga permodalan dan juga pemerintah sangat diharapkan bisa membantu mengembangkan industri carica.

 

Abstract

Carica is typical of the region fruit that produced in the Dieng and not easily found in other areas. With fertile soil and favorable climate, carica has great potential to be explored. Carica fruit processing industry that produce candied carica is currently developed enough. But there are still many shortcomings in the carica confectionery industry leading competitiveness of similar products is very low. This study aims to understand the stages and conditions of the carica confectionery products value chain which would then be used to define strategies to enhance industrial competitiveness candied carica. Value chain analysis view the company as one part of the product value chain. SWOT is used to determine a general overview of the condition of carica industry. While the porter diamond is used to obtain a more detailed explanation of the factor (input) condition, demand conditions, related and supporting industries, and the context of competition and corporate strategy. Subsequently conducted a market survey to determine consumer ratings of performance and expectations from the 14 indicators of customer satisfaction variables. Importance-performance analysis and customer satisfaction index (CSI) is used to determine which indicators should be prioritized to obtain performance improvements.

There are still many problems start at the stage of carica farmers, manufacturers, and also retails based on the results of the analysis of the value chain condition. using reference to the issue, that determined the strategy could be applied to enhance industrial competitiveness carica. Horizontal and vertical integration in the value chain is needed to support the resistance and competitiveness of the carica confectionery industry. Cooperation between producers, between producers with farmers, and between manufacturers with retails will make the industry growing by leaps and bounds. The role of external parties of carica value chain such as research institutions and government capital is more expected to help develop the carica industry.

 

Fulltext
Keywords: rantai nilai; industri; carica Dieng; strategi; daya saing; SWOT; diamond porter; CSI; kepuasan pelanggan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.