skip to main content

EVALUASI USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) DAN PENERAPAN KANSEI ENGINEERING PADA APLIKASI CINEPOLIS CINEMAS INDONESIA

*Natasha Gardenia Ameniar  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Heru Prastawa  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Zainal Fanani Rosyada  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Abstrak Pada era globalisasi saat ini, banyak kegiatan sehari-hari yang telah terbantu oleh teknologi, salah satunya adalah proses pelayanan bioskop. Cinepolis Cinemas Indonesia sebagai salah satu perusahaan bioskop di Indonesia memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pelanggan mereka dalam menikmati layanan mereka, yaitu dengan cara penciptaan aplikasi. Walaupun demikian, banyak pengguna dari aplikasi tersebut yang menyampaikan keluhan melalui Google Play Store mengenai beberapa kekurangan aplikasi tersebut dari sisi pengalaman pengguna, salah satu keluhannya adalah workflow aplikasi yang kurang efisien. Oleh karena itu, diperlukan rekomendasi perbaikan yang berfokus kepada perasaan dan emosi pengguna saat menggunakan aplikasi Cinepolis Cinemas Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengetahui kesan pengguna serta Kansei Engineering untuk mengetahui emosi pengguna terhadap aplikasi Cinepolis Cinemas Indonesia. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa terdapat lima buah skala UEQ yang memiliki hasil evaluasi positif serta satu buah skala UEQ yang memiliki hasil evaluasi netral. Sementara itu, hasil pengujian menggunakan benchmark UEQ menunjukkan bahwa terdapat tiga skala yang bernilai di atas rata-rata dan tiga skala lainnya bernilai di bawah rata-rata. Sementara itu, ditemukan juga kata-kata kansei sebanyak enam buah yang dianggap paling penting oleh pengguna aplikasi dan kemudian dikelompokkan dalam hierarki kebutuhan Maslow. Berdasarkan skala UEQ yang perlu diperbaiki serta kata-kata kansei yang dianggap penting oleh pengguna aplikasi, disusun empat buah usulan perbaikan bagi aplikasi Cinepolis Cinemas Indonesia. Dengan diberikannya usulan-usulan perbaikan tersebut, diharapkan kualitas pengalaman pengguna aplikasi Cinepolis Cinemas Indonesia akan menjadi lebih baik dan pelanggan bioskop Cinepolis Cinemas Indonesia akan lebih sering menikmati layanan yang disediakan oleh perusahaan bioskop tersebut. Kata kunci: Pengalaman pengguna, UEQ, Kansei Engineering, kata-kata Kansei Abstract [Title: Evaluation of User Experience Using User Experience Questionnaire (UEQ) Method and the Application of Kansei Engineering on Cinepolis Cinemas Indonesia Application] In the current globalization era, there are a lot of day-to-day activities that are helped by technology, one of them is the service process in movie theatres. Cinepolis Cinemas Indonesia as one of the movie theatre companies in Indonesia takes advantage of technology to make it easier for their costumers to enjoy their service, which is done through the creation of application. However, there are a lot of users of the application who expressed their complaints through Google Play about the flaws that are related to the user experience of this application, one of the complaints is the inefficiency of the application’s workflow. Therefore, it is necessary to create recommendations that are focused on the feelings and emotions of the users when they are using Cinepolis Cinemas Indonesia application. This research uses User Experience Questionnaire (UEQ) method to find out the impression of users and Kansei Engineering to find out the emotions of users when they are using Cinepolis Cinemas Indonesia application. After the research is done, it was found out that there are five scales of UEQ that have positive evaluation and there is one UEQ scale that has neutral evaluation. Meanwhile, the testing result with benchmark shows that there are three scales that have above average results and there are three other scales that have below average results. Then, it was also found out that there are six kansei words that are most important to users of the application that are then grouped into Maslow hierarcy of needs. According to UEQ scales that need to be fixed and kansei words that are seen as most important by application users, there were four recommendations that were made for Cinepolis Cinemas Indonesia application. By giving those recommendation, hopefully the quality of user experience of Cinepolis Cinemas Indonesia would be improved and customers of Cinepolis Cinemas Indonesia movie theatre would enjoy the provided service of the movie theatre company more often. Keywords: User experience. UEQ, Kansei Engineering, Kansei words
Fulltext View|Download
Keywords: User experience. UEQ, Kansei Engineering, Kansei words

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.