skip to main content

ANALISIS HUMAN ERROR PADA OPERATOR MESIN DENGAN METODE HUMAN ERROR ASSESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (Studi Kasus : CV. PIRANTI WORKS TEMANGGUNG)

*Wira Sasmita  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Haryo Santoso  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Operator mesin adalah seseorang yang menjalankan peralatan mesin dalam suatu fasilitas manufaktur. Operator memiliki kontribusi yang signifikan dalam operasi sebuah sistem. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengukur nilai keandalan manusia. Human reliability assessment (HRA) melibatkan penggunaan metode kualitatif dan kuantitatif untuk menilai kemungkinan kegagalan dari operator. Ada bermacam-macam metode yang tersedia untuk HRA.

Human error assessment and reduction technique (HEART) adalah teknik yang digunakan dalam HRA, yang bertujuan untuk mengevaluasi probabilitas terjadinya human error secara keseluruhan pada task yang spesifik. Teknik ini berasal dari sebuah penemuan dalam literatur ergonomi, yang dirancang dengan sederhana dan mudah dimengerti. Metode ini berasumsi bahwa dasar human reliability bergantung pada sifat utama dari jenis pekerjaan (task) yang dilakukan.

Pedoman dalam mengkuantifikasi faktor-faktor dalam proses HEART adalah sebagai berikut: Pertama, klasifikasikan tipe task dalam salah satu dari Generic Categories. Kedua, tentukan nilai nominal human error probability (HEP) kedalam task. Ketiga, tentukan Error Producing Conditions (EPC) yang mungkin berpengaruh terhadap keandalan. Keempat, tentukan nilai Assessed Proportion Of Affect (APOA) untuk tiap-tiap EPC. Dan yang terakhir, hitung nilai human error probability (HEP).

Fulltext
Keywords: Human Error; Human Reliability Assessment; Human Error Assessment and Reduction Technique

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.