skip to main content

PERBAIKAN SISTEM INFORMASI UNTUK EFISIENSI PROSES DALAM PRAKTIKUM PTI DENGAN MEMANFAATKAN MICROSOFT 365 PADA AKUN SINGLE SIGN-ON

*David Immanuela Kristian Putra  -  Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Abstrak Praktikum Proyek Teknik Industri di Departemen Teknik Industri Universitas Diponegoro dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat tiga (semester 5 hingga 6) sebagai praktikan dengan dibimbing oleh mahasiswa tingkat empat (semester 7 hingga 8) yang merupakan asisten dari enam laboratorium. Kegiatan ini berjalan dengan arahan dua orang dosen koordinator praktikum bersama para dosen lainnya sebagai dosen kelas. Permasalahan yang ditemukan selama keberjalanan praktikum ini terjadi mulai dari kegiatan persiapan dalam penyusunan modul, kegiatan pelaksanaan dalam aliran infromasi praktikan dan asisten, hingga kegiatan pasca pelaksanaan dalam input nilai dan improvement tahun berikutnya. Maka dari itu penelitian ini melakukan perancangan dan pembuatan sistem informasi praktikum yang dapat memenuhi kebutuhan aktor yang terlibat dalam sistem serta perbaikan proses pelaksanaan kegiatan praktikum. Sebelum merancang sistem informasi perbaikan yang dibuat, penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk identifikasi kelebihan dan kekurangan sistem saat ini, serta penerapan metode requirement engineering untuk menentukan kebutuhan pengguna yang dilakukan dengan wawancara terhadap ketiga aktor yang terlibat dalam kegiatan praktikum. Perancangan sistem ini dimulai dengan penggambaran kebutuhan dalam bentuk use case diagram, abstract model, dan workflow berbasis BPMN Diagram. Implementasi dari rancangan sistem ini memanfaatkan aplikasi yang tersedia dalam Microsoft 365 pada akun Single Sign-On dengan Microsoft Teams sebagai pusatnya. Sistem yang telah dibuat akan dilakukan pengujian berupa pengujian komponen sistem, pengujian integrasi, pengujian sistem utama, dan pengujian kelayakan pengguna. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna dan telah diimplementasikan pada keberjalanan praktikum PTI 2020/2021 Chapter 2 secara bertahap. Kata kunci: Abstract Model, Akun Single Sign-On, Analisis SWOT, BPMN Diagram, Microsoft 365, Microsoft Teams, Requirement Engineering, Use Case Diagram.
Fulltext View|Download
Keywords: Abstract Model, Akun Single Sign-On, Analisis SWOT, BPMN Diagram, Microsoft 365, Microsoft Teams, Requirement Engineering, Use Case Diagram.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.