skip to main content

PENGARUH REWARD SYSTEM DAN MOTIVASI KARYAWAN TERHADAP INOVASI PERUSAHAAN DALAM PENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT. TELKOM Indonesia Jateng & DIY)

*Yohanna Ayu Wulan  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Inovasi merupakan salah satu jaminan perusahaan dalam meningkatkan daya saingnya..PT. Telkom  merupakan  salah satu perusahaan yang membudayakan inovasi pada perusahaan serta karyawannya untuk mempertahankan pelanggan dalam dengan melakukan sistem reward didalamnya. Sistem reward menurut jenisnya dibedakan menjadi 2 yaitu reward material dan reward non material dimana masing-masing jenis reward ini mamiliki pengaruh yang berebda dalam kondisi yang berbeda. Penelitian terdahulu dilakukan oleh Yuan Li dkk menunjukkan adanya pengaruh sistem reward material dan reward non material terhadap inovasi perusahaan yang mempengaruhi pula kinerja perusahaan.penelitiannya dilakukan pada perusahaan teknologi di Cina dimana penelitian ini mendapaktan hasil bahwa reward non material memiliki pengaruh yang lebih besar dibanding reward non material.Kedua jenis reward ini dapat memberikan pengaruh yang berbeda pada kondisi dan budaya yang berbeda pula/ oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh system reward dengan dua jenis yang berbeda ( reward material dan non material ) yang dilakukan PT. Telkom terhadap motivasi karyawan dan inovasi perusahaan ,serta pengaruh inovasi tersebut  terhadap kinerja perusahaan.

Penelitian ini menggunakan metode Sreuctural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan software AMOS 20 dengan criteria goodness of fit yang telah terpenuhi sebagai berikut CMIN/DF (1,529), RMSEA (0,065) , GFI ( 0,783) , AGFI (0,745, TLI  (0,826) ,CFI (0,842),  dan PNFI (0,597)  )  dan diperoleh hasil bahwa untuk meningkatkan motivasi karyawan pada PT. Telkom, pengaruh reward non material (kepercayaan, wewenang, dlll) lebih besar dibandingkan pengaruh dari reward materialdengan perbandingan 54,7 %  dan 13,3 %..sedangkan untuk memacu inovasi perusahaan pengaruh reward material sebesar 21,7% dan reward non material tidak berpengaruh secara langsung namun memiliki pengaruh secara tidak langsung.

 

Fulltext
Keywords: reward system; inovasi perusahaan; motivasi karyawan; kinerja perusahaan; Structural Equation Modelling

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.