skip to main content

ANALISIS COST OF POOR QUALITY PROYEK PERBAIKAN AUXILIARY POWER UNIT (APU) PESAWAT UDARA

*Rahayu Eka Sulistiyani  -  Departemen Teknik Industri, Indonesia
Sriyanto Sriyanto  -  Departemen Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT XYZ merupakan salah satu anak bisnis dari PT ABC yang bergerak di bidang perbaikan pesawat udara atau Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO). Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, PT XYZ mengacu pada Civil Aviation Safety Regulations (CASR) Part 145. Prinsip perusahaan dalam menjaga kualitas produknya dimana salah satunya yaitu jasa perbaikan engine/Auxiliary Power Unit (APU) pesawat udara adalah dengan konsisten menjalankan segala ketentuan, namun pada realisasinya masih banyak deviasi yang terjadi hingga seringkali jasa yang diberikan tidak sesuai spesifikasi yang justru menimbulkan kerugian. Maka pada penelitian ini, akan dikaji salah satu proyek perbaikan APU yang mengalami kegagalan hingga menimbulkan biaya perbaikan kualitas atau Cost of Poor Quality (COPQ) dan ditelusuri akar permasalahannya. Pada akhirny,a ditemukan bahwa total COPQ yang dihabiskan yaitu sebesar $103,174 atau 21,46% dari total revenue. Kemudian diperoleh bahwa ketidaksesuaian produk jasa disebabkan oleh material komponen yang tidak sesuai, human error, dan adanya proses yang terlewatkan.

 

Abstract

 

[Cost of Poor Quality Analysis for Auxiliary Power Unit Maintenance Project] PT XYZ is one of business unit owned by PT ABC which serve airplane Maintenance Repair, and Overhaul (MRO). In order to operate its business activity, PT XYZ refers to Civil Aviation Safety Regulations (CASR) Part 145. Company principle for taking care of the good quality on its product which is service of maintenance for airplane engine/Auxiliary Power Unit (APU), perform all of the regulation consistently, but in the real case, there are many deviation happened that cause disadvantages. So in this research, Cost of Poor Quality (COPQ) and the root cause will be traced. Then finally, COPQ found is $103,74 or 21.46% of revenue and some unconformity of service caused by material, human error, and the passed process.

Fulltext View|Download
Keywords: Cost of Poor Quality (COPQ); Root Cause Analysis; 5 Whys Analysis; Cause and Effect Diagram

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.