BibTex Citation Data :
@article{IEOJ23753, author = {Deandy Harman Donida and Heru Prastawa and Manik Mahachandra}, title = {PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK CARICA DENGAN KONSEP KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {8}, number = {2}, year = {2019}, keywords = {Kansei Engineering; Model Kano; dan Kemasan}, abstract = { Salah satu unsur penting dalam penjualan produk yaitu berada pada aspek kemasan, namun sering dilupakan oleh para pelaku usaha. Pada zaman sekarang ini, kemasan menjadi salah satu komponen utama dalam penjualan suatu produk. Kemasan merupakan salah satu bentuk usaha branding seorang pelaku usaha. Penelitian ini akan mencoba menerapkan prinsip-prinsip Kansei Engineering terhadap produk kemasan carica salah satu UMKM di Wonosobo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui desain seperti apakah yang dihendaki oleh konsumen produk carica sehingga mendorong mereka untuk melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Kansei Engineering yang kemudian akan dikolaborasikan dengan metode model Kano serta analisis konjoin. Kansei Engineering akan membantu penelitian ini dalam menentukan aspek-aspek apa saja yang ingin dirasakan konsumen ketika akan membeli suatu produk carica. Setelah itu, menggunakan prinsip model Kano, akan ditentukan kategori dari setiap aspek yang dirasakan konsumen menjadi beberapa bagian yaitu basic attributes, linier attributes, attractive attributes, dan non-significant attributes. Aspek yang termasuk pada kategori non-significant attributes dinilai tidak cocok untuk digunakan sebagai konsep desain baru kemasan carica. Pada akhirnya aspek-aspek kemasan yang ingin dirasakan oleh konsumen ketika membeli produk tersebut akan dihubungkan dengan desain baru menggunakan analisis konjoin. Penelitian ini menyimpulkan kemasan yang baru akan berbentuk kotak dan berbahan kaca serta memilki label yang bergambarkan buah serta memiliki tema warna jingga. Abstract [Packaging Redesign on Manisan Kansei Engineering and Kano Model] One of the important elements in product sales is packaging, but often forgotten by many businessmen. Nowadays, packaging is one of the main components in the sale of a product. Packaging is one form of branding business of a business party. This study was conducted to apply the principles of Kansei Engineering to packaging products of Carica, one of the MSMEs in Wonosobo. This research was conducted to find out what kind of design desired by consumers of Carica products so as to encourage them to make purchases of these products. The method used is the Kansei Engineering method which will then be collaborated with the Kano model method and conjoint analysis. Kansei Engineering will help this research in determining what aspects consumers want to feel when they buy a Carica product. After that, using the Kano model principle, will be determined categories from each aspect that consumers feel into several parts, namely basic attributes, linear attributes, attractive attributes, and non-significant attributes. Aspects included in the non-significant attributes category are considered not suitable to be used as a new design concept of carica packaging. Finally, the packaging aspects that consumers want to feel when buying these products will be linked to the new design using conjoint analysis. This research concludes that the new packaging will be square and made of glass and has a label that has a fruit picture and has an orange theme. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/23753} }
Refworks Citation Data :
Salah satu unsur penting dalam penjualan produk yaitu berada pada aspek kemasan, namun sering dilupakan oleh para pelaku usaha. Pada zaman sekarang ini, kemasan menjadi salah satu komponen utama dalam penjualan suatu produk. Kemasan merupakan salah satu bentuk usaha branding seorang pelaku usaha. Penelitian ini akan mencoba menerapkan prinsip-prinsip Kansei Engineering terhadap produk kemasan carica salah satu UMKM di Wonosobo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui desain seperti apakah yang dihendaki oleh konsumen produk carica sehingga mendorong mereka untuk melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Kansei Engineering yang kemudian akan dikolaborasikan dengan metode model Kano serta analisis konjoin. Kansei Engineering akan membantu penelitian ini dalam menentukan aspek-aspek apa saja yang ingin dirasakan konsumen ketika akan membeli suatu produk carica. Setelah itu, menggunakan prinsip model Kano, akan ditentukan kategori dari setiap aspek yang dirasakan konsumen menjadi beberapa bagian yaitu basic attributes, linier attributes, attractive attributes, dan non-significant attributes. Aspek yang termasuk pada kategori non-significant attributes dinilai tidak cocok untuk digunakan sebagai konsep desain baru kemasan carica. Pada akhirnya aspek-aspek kemasan yang ingin dirasakan oleh konsumen ketika membeli produk tersebut akan dihubungkan dengan desain baru menggunakan analisis konjoin. Penelitian ini menyimpulkan kemasan yang baru akan berbentuk kotak dan berbahan kaca serta memilki label yang bergambarkan buah serta memiliki tema warna jingga.
Abstract
[Packaging Redesign on Manisan Kansei Engineering and Kano Model] One of the important elements in product sales is packaging, but often forgotten by many businessmen. Nowadays, packaging is one of the main components in the sale of a product. Packaging is one form of branding business of a business party. This study was conducted to apply the principles of Kansei Engineering to packaging products of Carica, one of the MSMEs in Wonosobo. This research was conducted to find out what kind of design desired by consumers of Carica products so as to encourage them to make purchases of these products. The method used is the Kansei Engineering method which will then be collaborated with the Kano model method and conjoint analysis. Kansei Engineering will help this research in determining what aspects consumers want to feel when they buy a Carica product. After that, using the Kano model principle, will be determined categories from each aspect that consumers feel into several parts, namely basic attributes, linear attributes, attractive attributes, and non-significant attributes. Aspects included in the non-significant attributes category are considered not suitable to be used as a new design concept of carica packaging. Finally, the packaging aspects that consumers want to feel when buying these products will be linked to the new design using conjoint analysis. This research concludes that the new packaging will be square and made of glass and has a label that has a fruit picture and has an orange theme.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com