skip to main content

ANALISIS PEMASANGAN LAYANAN ASTINET DENGAN VALUE STREAM MAPPING BERDASARKAN KONSEP LEAN THINKING PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA DIVRE II JABODETABEK

*Maulana Ihsan Wardhana  -  Departemen Teknik Industri, Indonesia
Ratna Purwaningsih  -  Departemen Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Telkom indonesia berusaha untuk selalu meningkatkan service level pada layanan Astinet Salah satu SLG (Service Level Guarantee) Telkom Indonesia Regional 2 (JABODETABEK) akan memberikan kecepatan layanan Pemasangan Astinet dalam 2 Minggu sejak Januari 2016, yang artinya hanya membutuhkan waktu 14 hari mulai dari request instalasi sampai Astinet dapat terpasang dengan baik. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa kecepatan layanan akan menjadi titik kritis untuk kesuksesan penggelaran Astinet. Namun di dalam prakteknya, kebijakan FDS ini belum dapat dilakukan dengan baik. Masih terdapat keterlambatan di dalam penyelesaian layanan pemasangan Astinet yang dinilai sebagian besar waktu habis karena proses menunggu kesiapan baik dari alat produksi dan sumber daya manusia serta jumlah kesediaan ODP yang masih terbatas. . Lean Manufacturing merupakan pendekatan yang bertujuan untuk meminimasi pemborosan yang terjadi pada aliran proses. Pemahaman kondisi dari proses digambarkan dalam Value Stream Mapping untuk selanjutnya dijabarkan aktivitas yang memiliki nilai tambah dan tidak memiliki nilai tambah. Dari hasil pengolahan value stream mapping diketahui terdapat 3 aktivitas menunggu yang terbesar yaitu menungu proses IKG, menunggu penandatanganan kontrak dan menunggu layanan diaktifkan. Ketiga pemborosan menunggu ini kemudian dianalisis menggunakan FMEA untuk mengetahui factor kegagalan proses yang dapat menyebabkan pemborosan menunggu dan dapat diketahui dari analisis FMEA nilai RPN tertinggi yaitu 240 yaitu menunggu proses IKG yang disebabkan karena jaringan belum tersedia.

 

ABSTRACT

[Analysis installation of astinet services with value stream mapping based on the concept of lean thinking pt. Telecommunication of indonesia DIVRE II JABODETABEK] Telkom Indonesia strives to always improve service levels in Astinet services. One of the SLG (Service Level Guarantee) Telkom Indonesia Regional 2 (JABODETABEK) will provide speed of Astinet Installation services within 2 Weeks since January 2016, which means it only takes 14 days starting from the installation request. until Astinet can be installed properly. This is done with the consideration that the speed of service will be a critical point for the successful deployment of Astinet. But in practice, this FDS policy has not been done well. There are still delays in the completion of Astinet installation services which are considered to be largely depleted due to the process of waiting for the readiness of both production equipment and human resources as well as the limited number of ODP willingness. . Lean Manufacturing is an approach that aims to minimize waste that occurs in the process flow. Understanding the conditions of the process is described in the Value Stream Mapping to further elaborate activities that have added value and have no added value. From the results of value stream mapping processing, it is known that there are 3 biggest waiting activities, namely waiting for the IKG process, waiting for the contract signing and waiting for the service to be activated. The three waiting wastes are then analyzed using FMEA to determine the factor of process failure that can cause wasteful waiting and can be seen from the FMEA analysis that the highest RPN value is 240 which is waiting for the IKG process which is caused because the network is not yet available.
Fulltext View|Download
Keywords: Value Stream Mapping; Lean; FMEA; Fishbone

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.