skip to main content

Analisis Pengaruh Beban Kerja Mental Terhadap Internal Customer Satisfaction Karyawan Divisi HRO & GA PT Pertamina Trans Kontinental Menggunakan Metode NASA-TLX

*Dinda Ayu Rakhmawati  -  Departemen Teknik Industri, Indonesia
Novie Susanto  -  Departemen Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT Pertamina Trans Kontinental merupakan salah satu perseroan terbatas dibawah perusahaan induk PT Pertamina Persero yang menjadi pemegang kontribusi terbesar dalam industri jasa maritim. Dalam memenuhi tujuan strategisnya, perusahaan harus memperhatikan pengelolaan dan pengkoordinasian sumber daya manusia agar pembebanan kerja karyawan tidak melebihi kapasitas. Untuk menghindari proses akumulasi beban kerja mental yang berlebih, dibutuhkan analisis presentase dan penyebab beban kerja mental pada karyawan Divisi HRO dan GA, sehingga dapat diketahui akar permasalahan yang membuat kelelahan mental para karyawan dan pengaruhnya terhadap Internal Customer Satisfaction. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner NASA-TLX dan wawancara oleh manajer, asisten manajer, dan karyawan Divisi HRO & GA. Berdasarkan hasil wawancara dengan pekerja Divisi HRO & GA diketahui bahwa pekerja merasa memiliki beban kerja yang cukup tinggi karena pekerjaan yang dilakukan bersifat monoton namun frekuensi pengerjaannya cukup tinggi. Hasil pengolahan data menunjukkan terdapat 18 aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan internal perusahaan dengan nilai korelasi sebesar 0,897. Sementara kebutuhan Mental Demand, Own Performance, dan Effort menjadi faktor utama penyebab tingginya beban kerja mental karyawan.

 

ABSTRACT

Analysis of the Influence of Mental Workload on Internal Customer Satisfaction HRO & GA Division PT Pertamina Trans Kontinental Using NASA-TLX. PT Pertamina Trans Kontinental is one of the companies under the holding company of PT Pertamina Persero which holds the largest contribution in the maritime service industry. In fulfilling its strategic objectives, the company must pay attention to the management and coordination of human resources so that the employee's workload does not exceed the capacity. To avoid the process of accumulation of excessive mental workload, it needs analysis of percentage and cause of mental workload on HRO & GA Division, so the company know the problems that make the mental fatigue of employees and its influence on Internal Customer Satisfaction. The data were collected using NASA-TLX questionnaire and interviews by managers, assistant managers, and employees of the HRO & GA Division. Based on the results of interviews with HRO & GA Division workers, it is known that the workers have high workload issues because the work is monotonous and the frequency of workmanship is high. The results of data processing show there are 18 aspects that affect the level of Internal Customer Satisfaction with a correlation value of 0.897. While the needs of Mental Demand, Own Performance, and Effort become the main factors causing the high mental workload of employees.

Fulltext View|Download
Keywords: beban kerja mental; Internal Customer Satisfaction; NASA-TLX

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.