skip to main content

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERSONIL AIR TRAFFIC CONTROL (ATC) MENGGUNAKAN KOMPETENSI SPENCER (Studi Kasus: PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Ahmad Yani Semarang)

*Dyah Permata P  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Herry Suliantoro  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Bandar Udara Ahmad Yani merupakan salah satu bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero), sebagai pintu gerbang dan ujung tombak lalu lintas udara yang berlokasi di bagian barat kota Semarang. Pegawai ATC sering dikeluhkan oleh pilot akibat instruksi menara kontrol yang tidak terkoordinasi dengan baik. Seringkali pesawat satu dengan pesawat yang lain jarak terbang antar keduanya adalah sangat dekat dan itu dapat menyebabkan hal yang paling buruk adalah kecelakaan pesawat terbang.

Dengan kompetensi Spencer akan memperjelas standar kerja dan harapan yang ingin dicapai perusahaan dan memaksimalkan produktivitas. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini juga didukung oleh pembobotan dengan Analytical Hierachy Process (AHP) untuk mengetahui skala nilai prioritas setiap Key Performance Indicator (KPI), Scoring System dengan metode Objectives Matrix (OMAX) untuk menentukan kinerja dari masing-masing indikator, Traffic Light System untuk mengetahui KPI yang memerlukan perbaikan berdasarkan warna, dan Importance Performance Matrix yang berguna untuk menentukan faktor-faktor apa saja yang perlu diprioritaskan untuk dibenahi.

Dari hasil penelitian didapatkan kinerja personil ATC Bandar Udara Ahmad Yani Semarang bernilai 4,98 dan masuk dalam kategori kuning yang artinya bahwa pencapaian dari suatu indikator kerja belum tercapai walaupun nilainya sudah mendekati target dan pihak manajemen harus berhati-hati dengan adanya berbagai macam kemungkinan. KPI yang diprioritaskan untuk dilakukan upaya perbaikan berdasarkan Importance Performance Matrix adalah orientasi pada pelayanan pelanggan, pemahaman organisasi, berpikir analitis, dan keahlian.

 

Abstract

Performance measurement is one of the routine activities of the company are conducted to evaluate its performance in a given period. Ahmad Yani Airport is one of the airports managed by PT Angkasa Pura I (Limited), as the gateway and the cutting edge of air traffic which is located in the western part of the city of Semarang. ATC employees often complained of by the pilot due to the control tower instructions are not well coordinated. Often one aircraft to another aircraft flying distance between the two is very close and it could cause the worst is an airplane crash.

Spencer competence will clarify work standards and expectations the company wants to achieve and maximize productivity. Performance measurement in this study was also supported by weighting with the Analytical Hierarchy Process (AHP) to determine the scale of the value of the priority of each Key Performance Indicator (KPI), Scoring System with methods Objectives Matrix (OMAX) to determine the performance of each indicator, Traffic Light System to determine KPIs that need improvement based on color, and Importance Performance Matrix that allows you to determine what are the factors that need to be prioritized to be addressed.

From the results, the performance of the ATC personnel Ahmad Yani Airport in Semarang worth 4.98 and in the yellow category, which means that the achievement of an employment indicator has not been achieved even though the value is close to the target and the management have to be careful with the wide range of possibilities. KPIs are prioritized for improvement efforts based Importance Performance Matrix is ​​the orientation on customer service, understanding of organizational, analytical thinking, and expertise.

 

Fulltext
Keywords: Bandar Udara Ahmad Yani Semarang; Air Traffic Control; kompetensi; Analytical Hierarchy Process (AHP); Objectives Matrix (OMAX); Traffic Light System (TLS); Importance Performance Matrix

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.