BibTex Citation Data :
@article{IEOJ20544, author = {Anthony Purnama and Dyah Rinawati}, title = {PENERAPAN STRATEGI MARKETING MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN PERANCANGAN WEBSITE (Studi Kasus: UD. Wayang)}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {Analisis SWOT; Strategi Marketing; 4P; STP; Perancangan Website}, abstract = { [Penerapan Strategi Marketing Menggunakan Analisis SWOT dan Perancangan Website (Studi Kasus: UD. Wayang] UD. Wayang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan maket bangunan dan produksi aksesoris maket. Perusahaan pesaing mulai menggunakan media internet sejak beberapa tahun lalu sebagai sarana untuk melakukan pemasaran untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan memperluas pasar. Selain itu, banyak perusahaan pesaing yang bergerak dalam bidang serupa telah menggunakan bantuan internet seperti pembuatan website perusahaan atau situs-situs jual beli untuk menawarkan produk yang dibuat sehingga mampu menarik konsumen dan meningkatkan jumlah penjualan perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan UD. Wayang kehilangan pelanggan dan berada dalam posisi yang tidak menguntungkan dalam persaingan. Berdasarkan analisis strategi tabel IFAS-EFAS, UD. Wayang sedang berada pada wilayah V yang merupakan fase stabilitas dengan skor bobot ranking untuk IFAS adalah bernilai 2,43 dan skor bobot ranking untuk EFAS adalah 2,2. Pada posisi ini, perusahaan berada pada posisi yang dianggap memuaskan, mampu mencapai target yang telah ditetapkan, serta memperoleh keuntungan yang cukup baik. Strategi pemasaran yang digunakan perusahaan saat ini masih menggunakan strategi konvensional berupa word of mouth yaitu mengandalkan promosi perusahaan dari mulut ke mulut. Sesuai dengan strategi marketing yang sudah dilakukan oleh UD. Wayang, maka penulis memberikan usulan pembuatan website bagi UD. Wayang. Tujuan dari pembuatan website ini yaitu meningkatkan pemasaran produk, memperluas pasar, serta memberikan kemampuan bagi UD. Wayang untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Website UD. Wayang akan memberikan berbagai macam informasi antara lain profil perusahaan, sejarah perusahaan, produk yang dihasilkan perusahaan yang terdiri dari maket dan aksesoris maket, serta contact person yang dapat dihubungi pelanggan jika tertarik untuk menggunakan jasa UD. Wayang. Abstract [Implementation Of Marketing Strategy Using Swot Analysis And Website Design (Case Study: UD. Wayang)] UD. Wayang is a company engaged in the manufacture of building maket and maket accessories. Competitor started using internet media since a few years ago as a means to do marketing to increase the number of customers and expand the market. In addition, many competitors that operate in similar fields have used the help of the Internet such as the creation of corporate websites or trading sites to offer products made so as to attract consumers and increase the number of sales companies. This can cause UD. Wayang lose customers and are in an unfavorable position in the competition. Based on IFAS-EFAS table strategy analysis, UD. Wayang is in region V which is the stability phase with the ranking weight score for IFAS is 2.43 and the ranking weight score for EFAS is 2.2. In this position, the company is in a position that is considered satisfactory, able to achieve the set targets, and earn a pretty good profit. Marketing strategy used by the company is still using conventional strategy of word of mouth that is relying on the promotion of the company from mouth to mouth. In accordance with the marketing strategy that has been done by UD. Wayang, then the authors provide a website creation proposal for UD. Wayang. The purpose of this website is to improve product marketing, expand the market, and provide the ability for UD. Wayang to compete with other companies. Website UD. Puppet will provide various information such as company profile, company history, company produced product consisting of maket and maket accessories, and contact person that can be contacted by customer if interested to use UD. Wayang services. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/20544} }
Refworks Citation Data :
[Penerapan Strategi Marketing Menggunakan Analisis SWOT dan Perancangan Website (Studi Kasus: UD. Wayang] UD. Wayang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan maket bangunan dan produksi aksesoris maket. Perusahaan pesaing mulai menggunakan media internet sejak beberapa tahun lalu sebagai sarana untuk melakukan pemasaran untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan memperluas pasar. Selain itu, banyak perusahaan pesaing yang bergerak dalam bidang serupa telah menggunakan bantuan internet seperti pembuatan website perusahaan atau situs-situs jual beli untuk menawarkan produk yang dibuat sehingga mampu menarik konsumen dan meningkatkan jumlah penjualan perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan UD. Wayang kehilangan pelanggan dan berada dalam posisi yang tidak menguntungkan dalam persaingan. Berdasarkan analisis strategi tabel IFAS-EFAS, UD. Wayang sedang berada pada wilayah V yang merupakan fase stabilitas dengan skor bobot ranking untuk IFAS adalah bernilai 2,43 dan skor bobot ranking untuk EFAS adalah 2,2. Pada posisi ini, perusahaan berada pada posisi yang dianggap memuaskan, mampu mencapai target yang telah ditetapkan, serta memperoleh keuntungan yang cukup baik. Strategi pemasaran yang digunakan perusahaan saat ini masih menggunakan strategi konvensional berupa word of mouth yaitu mengandalkan promosi perusahaan dari mulut ke mulut. Sesuai dengan strategi marketing yang sudah dilakukan oleh UD. Wayang, maka penulis memberikan usulan pembuatan website bagi UD. Wayang. Tujuan dari pembuatan website ini yaitu meningkatkan pemasaran produk, memperluas pasar, serta memberikan kemampuan bagi UD. Wayang untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Website UD. Wayang akan memberikan berbagai macam informasi antara lain profil perusahaan, sejarah perusahaan, produk yang dihasilkan perusahaan yang terdiri dari maket dan aksesoris maket, serta contact person yang dapat dihubungi pelanggan jika tertarik untuk menggunakan jasa UD. Wayang.
Abstract
[Implementation Of Marketing Strategy Using Swot Analysis And Website Design (Case Study: UD. Wayang)] UD. Wayang is a company engaged in the manufacture of building maket and maket accessories. Competitor started using internet media since a few years ago as a means to do marketing to increase the number of customers and expand the market. In addition, many competitors that operate in similar fields have used the help of the Internet such as the creation of corporate websites or trading sites to offer products made so as to attract consumers and increase the number of sales companies. This can cause UD. Wayang lose customers and are in an unfavorable position in the competition. Based on IFAS-EFAS table strategy analysis, UD. Wayang is in region V which is the stability phase with the ranking weight score for IFAS is 2.43 and the ranking weight score for EFAS is 2.2. In this position, the company is in a position that is considered satisfactory, able to achieve the set targets, and earn a pretty good profit. Marketing strategy used by the company is still using conventional strategy of word of mouth that is relying on the promotion of the company from mouth to mouth. In accordance with the marketing strategy that has been done by UD. Wayang, then the authors provide a website creation proposal for UD. Wayang. The purpose of this website is to improve product marketing, expand the market, and provide the ability for UD. Wayang to compete with other companies. Website UD. Puppet will provide various information such as company profile, company history, company produced product consisting of maket and maket accessories, and contact person that can be contacted by customer if interested to use UD. Wayang services.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com