skip to main content

ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT PEMBELIAN SMARTPHONE DI KOTA SEMARANG

*Dwi Aprianto Nugroho  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Sriyanto Sriyanto  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Diana Puspitasari  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Preferensi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat pembelian smartphone merupakan hal penting bagi produsen. Pada era globalisasi ini, kebutuhan akan penggunaan smartphone juga semakin bertambah. Saat ini kebutuhan akan smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, melainkan juga digunakan untuk menunjang penampilan bagi penggunanya. Industri smartphone berlomba-lomba untuk memberikan inovasi dan kecanggihan terhadap produk yang dihasilkan Berbagai macam merek smartphone pun beredar di masyarakat dengan menawarkan bebagai kelebihan nya. Dengan adanya berbagai macam smartphone, maka pilihan untuk mendapatkan dan memiliki smartphone tersebut semakin beragam, oleh sebab itu untuk mengetahui seberapa besar minar pembelian terhadap smartphone maka diperlukan adanya preferensi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey untuk mengetahui faktor-faktor mana yang mempengaruhi minat pembelian terhadap smartphone. Faktor-faktor yang diteliti antara lain yaitu product feature, brand name, price, social influence, product sacrifice, terhadap purchase intention. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa semua faktor-faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian terhadap smartphone namun faktor yang paling berpengaruh besar yaitu price dan product feature.


ABSTRACT

Preference factors that affect the interest of purchasing a smartphone is important for the manufacturer. In this era of globalization, the need for smartphone usage is also increasing. Currently the need for smartphones is not only used to communicate, but also used to support the appearance for its users. The smartphone industry is competing to provide innovation and sophistication to products that are manufactured by various brands of smartphones in the community with the offer of its many advantages. With a variety of smartphones, then the choice to get and have a smartphone is more diverse, therefore to find out how much interest in purchasing the smartphone then the necessary factors that influence it. In this study using survey methods to determine which factors affect the interest of the smartphone. Factors studied include product features, brand name, price, social influence, product sacrifice, to purchase intention. The results of this study found all of these factors are significant to the buying interest of the smartphone but the biggest factor such as price and product features.

Fulltext View|Download
Keywords: Purchase Intention; Smartphone

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.