skip to main content

EVALUASI KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO UNTUK MENJAMIN KEPUASAN PEMUSTAKA DENGAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN

*Nurjana Sigiro  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Darminto Pujotomo  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perpustakaan merupakan jantung dari sebuah universitas, karena tanpa perpustakaan proses belajar mengajar serta pusat penelitian menjadi kurang optimal. Untuk dapat memuaskan pemustaka perpustakaan harus mengacu pada satu standar. Standar Nasional Perpustakaan (SNP) merupakan standar acuan minimal dalam melaksanakan perpustakaan. Penelitian ini betujuan untuk mengidentifikasikan performa kualitas atribut pelayanan perpustakaan yang berpengaruh pada kepuasan pemustaka dan memberikan usulan perbaikan yang didasarkan pada matriks IPA serta memberikan usulan perbaikan pelayanan untuk mencapai standar  SNP.  Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Undip yang aktif menggunakan layanan perpustakaan. Metode LibQual+TM  digunakan untuk mengetahui performa kualitas atribut pelayanan perpustakaan dan mengukur tingkat kepuasan pemustaka dengan menggunakan IKP sedangkan metode IPA digunakan untuk menyusun usulan rekomendasi perbaikan segera. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode LibQual+TM  diperoleh  64,28% menyatakan layanan perpustakaan memenuhi harapan minimum responden dan 35,72% menyatakan sebaliknya. Sedangkan nilai IKP diperoleh sebesar 50,2% yang artinya kriteria layanan perpustakaan “kurang baik”. Adapun usulan rekomendasi yang diusulkan untuk berdasarkan matrik IPA adalah pustakawan selalu tanggap, ketersediaan dan penataan koleksi. Sedangkan usulan perbaikan untuk mencapai standar SNP adalah mengklasifikasikan koleksi buku per program studi,  pengukuran pencahayaan dan kelembaban, memperpanjang jam layanan, penyetaraan tingkat pendidikan pustakawan serta memberitahukan keberadaannya kepada Perpusnas.


Abstract

Evaluation of library service Diponegoro University ensure to satisfaction user with national standard library. The library is the heart of a university, because without a library of teaching and learning as well as research centers to less than optimal. To satisfy library user should refer to the standard one. National Standard Library (SNP) is the minimum reference standard in carrying out the library. This study aims to identify the performance quality attributes that affect library services user satisfaction and propose improvements based on a matrix of IPA and suggested as an improvement of services to achieve the SNP standard. Respondents in this study were students Undip who actively use library services. LibQual + TM method used to determine the performance attributes of quality library service and user satisfaction levels using IKP, whereas the IPA method used to establish the proposed recommendations for improvement soon. Based on the research method LibQual+ TM obtained 64.28% stated that the library service meets the minimum expectations of respondents and 35.72% said the opposite. While the value of IKP gained 50.2%, which means the library service criteria "Not good". The proposed recommendations were proposed for IPA is based matrix librarian always responsive, availability and arrangement of the collection. While the proposed improvement to reach the standards of the SNP is classified collection of books per course of study, lighting and humidity measurements, extend the hours of service, education level equivalency librarians, announce its existence to NLI.
Fulltext View|Download
Keywords: Standar SNP; Metode LibQual+TM; IPA; IKP; Universitas Diponegoro

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.