skip to main content

PENENTUAN JUMLAH SERVER OPTIMAL UNTUK PENINGKATAN UTILITAS SERVER DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI EXTEND DI RESTORAN CEPAT SAJI MCDONALD’S

*Rasyid Dwi Kurniawan  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia
Aries Susanty  -  Program Studi Teknik Industri, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui rata – rata waktu mengantri, rata – rata waktu pelayanan, utilitas masing – masing server dan memberikan usulan perbaikan sistem antrian dan model yang sesuai pada restoran cepat saji McDonald’s di Jl Pandanaran No 44, Semarang. Metode yang digunakan adalah metode simulasi sistem antrian dengan bantuan software extend4. Metode simulasi dapat menghemat waktu dan biaya dibanding pengamatan secara langsung sistem. Data yang digunakan untuk analisis sistem antrian ini adalah primer, yaitu berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan, untuk pengukuran waktu dilakukan dengan menggunkana alat bantu stopwatch. Berdasarkan hasil dari 3 skenario yang dijalankan dalam  simulasi, Skenario terbaik adalah skenario 2 karena skenario 2 merupakan skenario paling optimal dilihat pada utilitas dan rata – rata waktu antrian.

 


ABSTRACT

 

[ Title : Determined Optimal server to improve server’s utility use extend simulation at Fast Food McDonald’s] The objective of this study was to determine average queuing time, average service time, utility each server and give improvements for queuing system and the corresponding model in the McDonald's fast food restaurant in Pandanaran Street number. 44, Semarang. The method used is simulation with software extend4. Simulation can be the best method in this study / case because it did not need a lot of time and cost compared to direct observation system. The data used in this study is the primary data. Based on the results of the three scenarios that run in the system. The best scenario is screnario 2, because it is the most optimal scenario depend on utilization and average queue time.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Server; Simulasi; Antrian; Optimalisasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.