BibTex Citation Data :
@article{IEOJ15557, author = {Dedy Permadi and Susatyo P and Darminto Pujotomo}, title = {PERANCANGAN DESAIN KEMASAN MAKANAN RINGAN OLAHAN PADA UMKM CENTER JAWA TENGAH DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {6}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {Kansei engineering; desain; kemasan makanan UMKM}, abstract = { Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang penting bagi kemajuan perekonomian Indonesia sehingga perlu untuk didukung. Salah satu bentuk dukungan yang ditunjukkan oleh provinsi Jawa Tengah ialah dengan menyediakan UMKM Center guna meningkatkan daya saing. Pada UMKM Center terdapat 142 jenis produk unggulan yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah, dimana 69 jenis produk tersebut ialah produk kuliner yaitu berupa makanan ringan. Untuk meningkatkan daya tarik dan daya jual produk tentunya produsen perlu untuk memperhatikan desain kemasan produk. Namun dari produk kuliner dari 47 UMKM terdapat 45 produk yang masih dikemas secara sederhana dan kurang sesuai dengan keinginan konsemen. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk membuat sebuah desain kemasan baru sesuai dengan keinginan konsumen. Metode yang akan digunakan ialah Kansei Engineering untuk menjermahkan perasaan psikologis konsumen yang akan dijadikan parameter desain kemasan yang baru serta analisis statisik untuk memunculkan elemen desai sesuai dengan Kansei Word. Abstract Micro, Small, and Medium Enterprises (SMEs) is one of the most important sectors that are important for the economic progress of Indonesia that needs to be supported. one of many support is came from province of Central Java which provide SMEs with UMKM center to improve competitiveness between modern product. There are 142 kinds of superior product from different region in Central Java, which 69 kinds of product are culinary product or snack. One thing that should be manage to improve product attractiveness and competitiveness is the product package. But the problem, from 47 SMEs products there are 45 products still packaged in a simple way and not fit in consumer needs. Therefore this research was made to make a new product package which fit in consumer needs. The method to be used in this research is Kansei Engineering because in its use, this method can transform consumers affectiveness and psychological into a new design parameters. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/15557} }
Refworks Citation Data :
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang penting bagi kemajuan perekonomian Indonesia sehingga perlu untuk didukung. Salah satu bentuk dukungan yang ditunjukkan oleh provinsi Jawa Tengah ialah dengan menyediakan UMKM Center guna meningkatkan daya saing. Pada UMKM Center terdapat 142 jenis produk unggulan yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah, dimana 69 jenis produk tersebut ialah produk kuliner yaitu berupa makanan ringan. Untuk meningkatkan daya tarik dan daya jual produk tentunya produsen perlu untuk memperhatikan desain kemasan produk. Namun dari produk kuliner dari 47 UMKM terdapat 45 produk yang masih dikemas secara sederhana dan kurang sesuai dengan keinginan konsemen. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk membuat sebuah desain kemasan baru sesuai dengan keinginan konsumen. Metode yang akan digunakan ialah Kansei Engineering untuk menjermahkan perasaan psikologis konsumen yang akan dijadikan parameter desain kemasan yang baru serta analisis statisik untuk memunculkan elemen desai sesuai dengan Kansei Word.
Abstract
Micro, Small, and Medium Enterprises (SMEs) is one of the most important sectors that are important for the economic progress of Indonesia that needs to be supported. one of many support is came from province of Central Java which provide SMEs with UMKM center to improve competitiveness between modern product. There are 142 kinds of superior product from different region in Central Java, which 69 kinds of product are culinary product or snack. One thing that should be manage to improve product attractiveness and competitiveness is the product package. But the problem, from 47 SMEs products there are 45 products still packaged in a simple way and not fit in consumer needs. Therefore this research was made to make a new product package which fit in consumer needs. The method to be used in this research is Kansei Engineering because in its use, this method can transform consumers affectiveness and psychological into a new design parameters.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com