skip to main content

ANALISIS BEBAN KERJA MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX DAN BERDASARKAN KEPMENPAN NO.75 TAHUN 2004 PADA KARYAWAN KEUANGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

*Budiman Nurhidayat  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Ary Arvianto  -  Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro merupakan fakultas terbesar oleh karena itu organisasi didalamnya harus efisien dan efektif agar semua kegiatan berjalan dengan baik. Pada penelitian ini masalah yang terjadi yaitu keluhan beban kerja yang dirasakan oleh pegawai khususnya pada pegawai keuangan. Pada Pegawai keuangan terlihat adanya masalah karena performa atau kinerja pegawai yang kurang cepat baik dari segi birokrasi maupun pelayanan. Selain itu tidak adanya penambahan pegawai selama kurun waktu 5 tahun padahal seharusnya pekerjaan semakin meningkat apalagi dengan adanya 34 jurusan dan 407 dosen yang terdapat di Fakultas Teknik membuat semua orang yang berada di bagian keuangan memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga stabilitas keuangan dengan baik. Oleh karena itu Universitas Diponegoro khususnya Fakultas Teknik memerlukan perbaikan dalam pelaksanaan manajemen kepegawaian ke arah yang lebih baik dan terarah.Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran beban kerja pegawai yang selanjutnya menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan sumberdaya manusia di Fakultas Teknik Undip. Metode pengukuran beban kerja menggunakan metode pendekatan subjektif. Penelitian Ini dilakukan selama 4 Bulan dengan menggunakan metode survey yang melibatkan 9 orang reponden dengan cara mengisi kuisioner yang telah disediakan selama periode pengamatan. Selain itu pengukuran beban kerja ini berdasarkan Kepmenpan no. 75 tahun 2004. Kedua metode ini akan digabungkan kedalam satu perhitungan yang berguna untuk menentukan jumlah optimal karyawan. Perhitungan ini menggunakan variabel X dan Y yaitu variabel beban kerja mental dan beban kerja fisik untuk mendapatkan nilai Z, Koefisien beban kerja. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat beban kerja tinggi baik fisik maupun mental yang terjadi pada pegawai keuangan. Rekomendasi  diarahkan untuk penambahan karyawan yang sebelumnya berjumlah 9 orang menjadi 11 orang kemudian disarankan  untuk menjaga kondisi karyawan agar tetap prima baik dengan cara meningkatkan kompetensi pegawai melalui program pelatihan maupun memantau kondisi kesehatan fisik dan mental secara rutin.

 

 

ABSTRACT

Diponegoro University Faculty of Engineering is the largest faculty therefore in this organization must be efficient and effective for all of the runs well. In this study the problem occurred, is the complaint of workload to the employees, especially in the finance officer. Employee seen their financial problems due to the performance or the performance of employees is less rapidly both in terms of bureaucracy and ministry. Besides the absence of additional employees during the period of 5 years when it should be the job is increasing especially with the 34 majors and 407 faculty contained in the Faculty of Engineering made everyone who was in the finance department has a great responsibility to safeguard the financial stability well. Therefore, Diponegoro University Faculty of Engineering particularly require improvements in the implementation of personnel management into a better direction and directed.The objective of this research is obtaining the description of employee workload where it will be as consideration to HR development in engineering faculty of Undip. We use Nasa- Tlx Measurement method, a subjective assessment method for human workload measurement for collecting and analyzing data. This research carried out for 4 months and it was involving 9 respondents with  filled the quisionnaire during observation period. Besides that measuring of workload is based Kepmenpan no. 75 in 2004. Both of these methods will be combined Into a useful calculation to determine the number of optimal employees. This calculation uses the variables X and Y these are variable workload of mental and physical workload for get value Z, coefficient workload. From this study showed that there is high workload  of  both physical and mental that occurs in finance officer. The recommendation is directed to the addition of employees from 9 persons to 11 personsand then  geared to maintain the condition of the employees to stay fit well with how to improve the competence of employees with  training programs and monitoring of the physical and mental health condition regularly.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Beban Kerja Pegawai; NASA-TLX; Beban Kerja Fisik;Baban Kerja mental; Koefisien Beban Kerja

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.