skip to main content

USULAN PERBAIKAN FASILITAS KERJA PADA STASIUN KERJA LOADING PROSES UV COATING BERDASARKAN PRINSIP ERGONOMI (Studi Kasus PT. Techpack Asia)

*Hasniar Tristianti  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Purnawan Adi Wicaksono  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PT. Techpack Asia merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi kemasan kosmetik. Dalam melakukan proses produksi terdapat beberapa tahapan mulai dari mixing, proses injection, UV coating, stamping, printting, assembling hingga final packaging. Fokus penelitian ditujukan pada stasiun kerja loading proses UV Coating. Kondisi stasiun kerja yang kurang ergonomis menyebabkan keluhan dan ketidaknyamanan kerja akibat postur pekerja yang statis dan beban kerja yang diterima. Hal ini diperkuat dengan hasil peninjauan awal dengan dengan menyebarkan Nordic Musculoskeletal Questionnaire.

Berdasarkan data kondisi awal tersebut selanjutnya akan dilakukan evaluasi berdasarkan prinsip-prinsip ergonomi terhadap stasiun kerja loading proses UV Coating. Metode yang digunakan untuk melakukan evaluasi ergonomi adalah metode Rapid Upper Limb Assessment. Sedangkan yang digunakan untuk evaluasi rekomendasi fasilitas kerja dan pertimbangan ergonomis adalah dengan mengaplikasikan data antropometri.

Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa kondisi kerja awal menunjukkan skor RULA antara 6-7 dengan action level 3-4. Hal ini menunjukkan suatu indikasi level resiko yang tinggi karena postur kerja tidak berada dalam kisaran gerakan yang sesuai, terdapat potensi terjadinya pergerakan yang repetitif, pembebanan otot statis, dan penggunaan gaya (force) yang berlebihan. Dengan perubahan tata letak yang meliputi jarak antar fasilitas kerja serta perancangan ulang kursi kerja, perancangan ulang keranjang vacuum tray, dan penambahan fasilitas kerja berupa meja vacuum tray skor RULA turun menjadi 1-2 dengan action level 1 yang menunjukkan level resiko rendah sehingga postur kerja berada pada rentang gerakan yang baik dan tidak beresiko
Fulltext
Keywords: Ergonomi; fasilitas kerja; RULA; Antopometri

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.