skip to main content

PERANCANGAN ALAT BANTU BERUPA MEJA DAN KURSI PORTABLE DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY AND USABILITY ASSURED DESIGN (QUAD) (STUDI KASUS SALON EBONY BATAM)

*DINDA GEOVANI ZEDA  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
HERU PRASTAWA  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Salon Ebony merupakan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang jasa, salah satunya adalah usaha menjahit busana kebaya. Untuk menghasilkan busana kebaya yang bagus, menarik dan indah maka perlu penghias yang berupa payet/ manik-manik. Dari studi pendahuluan ditemukan beberapa permasalahan dan keluhan yang ada pada postur tubuh pekerja seperti keluhan pada bagian pantat, punggung, bahu, pinggang dan leher. Untuk mengetahui permasalahan dan keluhan yang terjadi menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA), penyebaran kuisioner Nordic Body Map dan wawancara.  Setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka Penelitian yang dilakukan adalah perancangan alat bantu payet dengan menggunakan metode Quality and Usability Assured Design (QUAD) dan berdasarkan aspek ergonomi yang meliputi dimensi tubuh (anthropometri). Hal yang pertama kali dilakukan adalah melakukan wawancara sehingga diketahui kebutuhan rancangan yang sesuai dengan keinginan pekerja, setelah itu melakukan pengukuran dimensi tubuh dan kemudian dilakukan perhitungan dimensi untuk perancangan alat bantu.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah prototipe dengan dimensi yang sesuai dengan dimensi tubuh pekerja payet yang berada di Salon Ebony. Selain itu terdapat peningkatan pada final score RULA yang sebelumnya menunjukkan nilai 6-7, tetapi setelah menggunakan alat bantu menunjukkan nilai 3.

Fulltext
Keywords: Payet; RULA; Nordic Body Map; QUAD

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.