skip to main content

Usulan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Fsilitas SMS Gateway (Studi Kasus Ruang Baca Teknik Industri Universitas Diponegoro)

*Aries Andjar Sulistyono  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Sriyanto Sriyanto  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi telah mempengaruhi peradaban yang memungkinkan pekerjaan-pekerjaan di dalam suatu organisasi dapat diselesaikan dimana saja dan kapan saja, seolah-olah tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Salah satu teknologi yang mempunyai keunggulan tersebut dan banyak dipakai oleh masyarakat adalah Short Message Service (SMS).

Ruang Baca Teknik Industri (RBTI) menyediakan layanan peminjaman bahan pustaka. Namun dengan sistem sekarang masih dimungkinkanya keterlambatan anggota dalam pengembalian buku pustaka. Permasalahan yang lain yang muncul yaitu tidak adanya layanan informasi tentang ketersediaan dalam web, sehingga apabila anggota RBTI ingin melihat atau membaca buku yang diinginkan harus datang langsung ke RBTI.

Salah satu alternatif yang dapat membantu meningkatkan pelayanan RBTI adalah dengan menerapkan sistem informasi berbasis web dengan fasilitas SMS gateway. Web berfungsi sebagai media informasi ketersediaan buku dan SMS gateway sebagai pengingat dalam upaya mengurangi kemungkinan anggota RBTI terlambat dalam mengembalikan buku yang dipinjam. Dengan sistem informasi berbasis web dengan fasilitas SMS Gateway ini diharapkan diperoleh data secara tepat, cepat dan lebih efisien waktu, tenaga dan biaya
Fulltext
Keywords: SMS; RBTI; SMS Gateway; sistem informasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.