skip to main content

PENGEMBANGAN DISTINCTIVE COMPETENCE MENGGUNAKAN ANALISIS VALUE CHAIN PADA PURI MAERAKACA

*Dinda Fanny Lecianty  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Hery Suliantoro Suliantoro  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Puri Merakaca merupakan salah satu obyek wisata di Kota Semarang yang saat ini berada dalam kondisi tidak optimal karena sepi pengunjung. Dengan keadaan seperti ini,  diperlukan adanya suatu perencanaan strategi manajemen untuk mempertahankan eksistensi dan mengoptimalkan pendapatan selanjutnya. Strategi ini dirancang dengan menganalisis rantai nilai, kemudian mencari faktor kunci keberhasilan yang nantinya akan dihasilkan gap dari pengunjung dan pengelola. Gap tersebut akan dijadikan spiderweb yang akam dibuatkan strategi untuk menanggulanginya dengan memperhatikan faktor internal dan eksternal.. Hasil strategi yang didapatkan untuk pemerintah adalah dengan mengadakan brainstorming untuk pegawai dan mencari solusi permasalahan investor. Strategi untuk Puri Maerakaca adalah dengan kerjasama dengan perusahaan dalam pengadaan event dan juga mencoba membuat adanya inovasi baru. Sementara strategi untuk menarik pengunjung adalah dengan memberikan paket harga khusus dan juga meningkatkan kegiatan promosi.

 

 

ABSTRACT

Puri Maerakaca is one of  tourism objects in Semarang City that is now in unoptimal condition due to the lack of visitors. Therefore, it needs a management strategic plan to maintain the existence and optimize the upcoming income. This strategy is developed by analysing value chain, then look for the critical succes factors which later generate gap between visitors and management. Later, spiderweb will be generated that it needs strategy to overcome it by considering both internal and external factors. The results are for the government by doing brainstorming for staff and finding for solution to the investor problem. Strategy for Puri Maerakaca is making coorporation with the other companies in term of helding event and try to making new innovations. While, the strategy to attract visitors is by offering special price package and raising promotion activities.

Fulltext View|Download
Keywords: Strategi Manajemen; Rantai Nilai; Faktor Kunci Keberhasilan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.