skip to main content

ANALISIS PENERAPAN PERBAIKAN JADWAL PERAWATAN POMPA PRODUK DI PT PERTAMINA TERMINAL BAHAN BAKAR MINYAK SEMARANG GROUP

*Dinar Ratna Widhia  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia
Rani Rumita  -  Program Studi Teknik Industri Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Terminal BBM Semarang Group merupakan Terminal pengisian bahan bakar minyak PT Pertamina yang  berfungsi untuk menyuplai bahan bakar minyak yang dibutuhkan oleh konsumen. Proses penerimaan, penimbunan, serta pendistribusian tidak lepas dari sarana fasilitas yang digunakan oleh Terminal BBM Semarang Group yakni mesin pompa produk. Demi menjaga ketahanan mesin pompa produk serta lamanya penggunaan dibutuhkan sistem perawatan setiap bulan. Pada Terminal BBM Semarang Group mesin pompa produk yang sering breakdown, yang dapat membuat kerugian waktu pengiriman bahan bakar ke SPBU di Jawa Tengah dan sekitarnya meskipun telah diterapkan kebijakan kombinasi antara preventive maintenance policy dan repair policy yang ternyata masih kurang efektif serta perlu diadakan perbaikan jadwal perawatan secara rutin sehingga dapat meminimasi biaya perawatan jika terjadi kerusakan mesin pompa produk agar tidak mengganggu jalannya proses pendistribusian. Tahapan yang digunakan dalam penyelesaian masalah dengan dengan menentukan distribusi frekuensi breakdown, menghitung biaya kebijakan perawatan, memilih alternatif kebijakan berdasarkan besarnya biaya perawatan untuk mesin pompa produk. Hasil pengolahan data menunjukkan kebijakan perawatan yang paling optimal adalah kebijakan perawatan preventive maintenance policy yang dilakukan setiap 5 bulan sekali dengan pemberian grease dan pelumas serta biaya yang dikeluarkan untuk perawatan preventive sebesar Rp 1.159.000 setiap 5 bulan sekali.

 

 

 

ABSTRACK

Fuel terminal semarang group is a terminal refueling oil PT Pertamina that serves to supply oil fuel which required by consumers.The process of admission, stockpiling, and the distribution of can not be separated from facilities used by terminal fuel semarang group is pumps products.To maintain security pumps the product and long the use of needed care system every month.In fuel terminal semarang group pumps products often breakdown, that can make a loss the shipping period fuel to fuel stations in central java and surrounding although policy has applied the combination of preventive maintenance policy and repair policy which is evidently still less effective and it is necessary to held improvement maintenance schedule routinely so that it can be reduced  of maintenance costs if damage occurs pumps products that they wont bother the process of the distribution. Phases used in solving problems in determining the distribution of the breakdown, estimate the cost care policy, choose alternative policies based on the cost of care for pumps products.The results of data processing show policy the optimal care is the policy of preventive care maintenance policy done any 5 months to give grease and lubricant and payments for preventive care 1.159.000 rupiahs every 5 months.

 

Fulltext View|Download
Keywords: breakdown; preventive maintenance policy; repair policy

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.