ANALISIS PERBANDINGAN PENERAPANN METODE PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA KOTOR

Pranandang Adi L, Darminto Pujotomo

Abstract


Secara umum, tujuan utama dari suatu perusahaan adalah mencapai keuntungan sebesar-besarnya. Seiring dengan laju perkembangan zaman, sekarang ini semakin banyak perusahaan yang bermunculan, baik perusahaan kecil maupun besar. Dengan adanya permasalahan tersebut, pihak manajemen perusahaan akan termotivasi untuk berusaha menciptakan gagasan baru. Salah satu sumber daya yang memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan perusahaan adalah persediaan. Pelaporan persediaan yang akurat dan relevan sangat penting kalau ingin memberikan informasi yang berguna dalam laporan.

Dalam pencatatan persediaan ada tiga metode yang umum digunakan oleh perusahaan, yaitu FIFO, LIFO, Average Weight. Kerena penentuan penerapan metode penilaian persediaan barang memegang peranan yang sangat panting, yaitu masing- masing matode tersebut akan menghasilkan harga pokok yang berbeda pula. Perbedaan harga pokok ini akan berpengaruh pada perhitungan laba kotor perusahaan pada suatu akhir pariode, dangan asumsi nilai penjualan adalah tetap. Untuk itu akan dibahas apakah sistem penilaian persediaan yang digunakan perusahaan adalah salah satu yang mempengaruhi penurunan laba kotor atau tidak .


Keywords


Penilaian Persediaan; Laba Kotor; FIFO; LIFO; Average Weight

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Industri

Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro

Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239

Telp / Fax : (024) 7460052

Email : i_engineering@ymail.com


Creative Commons License
Industrial Enginerering Online Journal by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/ieoj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats