PENGEMBANGAN GARIS BESAR MATERI PELATIHAN GUNA MENINGKATKAN ADOPSI E-COMMERCE PADA UKM

*Malik Awab Abdillah  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Singgih Saptadi  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 53
Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat dipandang sebagai katup penyelamat dalam proses pemulihan ekonomi nasional. Perannya dalam mendorong laju pertumbuhanekonomi dan penyerapan tenaga kerja diharapkan menjadi langkah awal bagi upaya pemerintah menggerakkan sektor produksi pada berbagai lapangan usaha.

Sedangkan Penggunaan teknologi informasi dinilai dapat memberikan suatu kemajuan pada perusahaan yang telah melakukan adopsi teknologi informasi dan komunikasi tersebut, dimana dapat meningkatkan kapabilitas perusahaan serta meningkatkan performansi. Dan salah satu teknologi informasi tersebut adalah E-Commerce.

Penelitian ini berkaitan dengan adopsi B2B E-Commerce pada ukm manufaktur, penelitian di lakukan pada 53 ukm manufaktur, yang bertujuan untuk mengidentifikasi penetrasi E-Commerce dengan menggunakan pendekatan proses bisnis yang telah menggunakan E-Commerce, proses bisnis yang digunakan sebanyak 20 proses bisnis yang terdiri dari 2 kategori, yaitu pembelian atau pengadaan, marketing, sales, dan aftersales. Serta dalam penelitian ini juga dilakukan identifikasi benefit dari adopsi E-Commerce yang dilihat dalam empat aspek biaya, fleksibilitas, kualitas, dan waktu.

Keywords: UKM; B2B E-Commerce; Benefit

Article Metrics: