BibTex Citation Data :
@article{IEOJ1045, author = {Shinta Paramita and Aries Susanty}, title = {PENYUSUNAN DOKUMEN MUTU SUBDIREKTORAT DATA dan INFORMASI BERDASARKAN STANDAR ISO 9001 : 2008 (Studi Kasus Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum)}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {1}, number = {2}, year = {2012}, keywords = {Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008; manual mutu; prosedur mutu; instruksi kerja}, abstract = { Pelayanan Subdirektorat Data dan Informasi dinilai belum dapat memenuhi kebutuhan pelayanan yang baik, karena belum adanya sistem pendokumentasian prosedur kerja yang baik yang mengakibatkan kurang efektif dan efisiennya kinerja individu yang ada dalam unit pelayanan. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menuju Tata Pemerintah yang baik ( good governance ) adalah dengan melakukan reformasi birokrasi. Reformasi Birokrasi harus diwujudkan dalam wujud perubahan secara signifikan (evolusi yang dipercepat) melalui tindakan atau rangkaian kegiatan pembaharuan secara konsepsional, sistematis dan berkelanjutan dengan melakukan upaya penataan, peninjauan, penertiban, perbaikan, penyempurnaan dan pembaharuan sistem, kebijakan dan peraturan perundang-undangan. Perubahan secara signifikan dapat diwujudkan dalam pendokumentasian Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001:2008. Dimulai dengan mengidentifikasi Tatalaksana ( business process ) melalui tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) Subdirektorat Data dan Informasi untuk melakukan pemetaan awal. Hasil akhir penelitian ini berupa perancangan 1 (satu) manual mutu, 19 (sembilan belas) prosedur mutu, dan 45 (lima puluh empat) instruksi kerja sebagai persyaratan pendokumentasian Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001:2008. }, pages = {206--216} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/1045} }
Refworks Citation Data :
Pelayanan Subdirektorat Data dan Informasi dinilai belum dapat memenuhi kebutuhan pelayanan yang baik, karena belum adanya sistem pendokumentasian prosedur kerja yang baik yang mengakibatkan kurang efektif dan efisiennya kinerja individu yang ada dalam unit pelayanan. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menuju Tata Pemerintah yang baik (good governance) adalah dengan melakukan reformasi birokrasi. Reformasi Birokrasi harus diwujudkan dalam wujud perubahan secara signifikan (evolusi yang dipercepat) melalui tindakan atau rangkaian kegiatan pembaharuan secara konsepsional, sistematis dan berkelanjutan dengan melakukan upaya penataan, peninjauan, penertiban, perbaikan, penyempurnaan dan pembaharuan sistem, kebijakan dan peraturan perundang-undangan. Perubahan secara signifikan dapat diwujudkan dalam pendokumentasian Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001:2008. Dimulai dengan mengidentifikasi Tatalaksana (business process) melalui tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) Subdirektorat Data dan Informasi untuk melakukan pemetaan awal. Hasil akhir penelitian ini berupa perancangan 1 (satu) manual mutu, 19 (sembilan belas) prosedur mutu, dan 45 (lima puluh empat) instruksi kerja sebagai persyaratan pendokumentasian Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001:2008.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com