skip to main content

PENYUSUNAN DOKUMEN MUTU SUBDIREKTORAT DATA dan INFORMASI BERDASARKAN STANDAR ISO 9001 : 2008 (Studi Kasus Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum)

*Shinta Dewi Paramita  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Aries Susanty  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pelayanan Subdirektorat Data dan Informasi dinilai belum dapat memenuhi kebutuhan pelayanan yang baik, karena belum adanya sistem pendokumentasian prosedur kerja yang baik yang mengakibatkan kurang efektif dan efisiennya kinerja individu yang ada dalam unit pelayanan. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk menuju Tata Pemerintah yang baik (good governance) adalah dengan melakukan reformasi birokrasi. Reformasi Birokrasi harus diwujudkan dalam wujud perubahan secara signifikan (evolusi yang dipercepat) melalui tindakan atau rangkaian kegiatan pembaharuan secara konsepsional, sistematis dan berkelanjutan dengan melakukan upaya penataan, peninjauan, penertiban, perbaikan, penyempurnaan dan pembaharuan sistem, kebijakan dan peraturan perundang-undangan. Perubahan secara signifikan dapat diwujudkan dalam pendokumentasian Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001:2008. Dimulai dengan mengidentifikasi Tatalaksana (business process) melalui tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) Subdirektorat Data dan Informasi untuk melakukan pemetaan awal. Hasil akhir penelitian ini berupa perancangan 1 (satu)  manual mutu, 19 (sembilan belas) prosedur mutu, dan 45 (lima puluh empat) instruksi kerja sebagai persyaratan pendokumentasian Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001:2008.

Fulltext
Keywords: Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008; manual mutu; prosedur mutu; instruksi kerja

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.