skip to main content

ANALISIS PERFORMANSI AKTIVITAS PROYEK MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE MANAGEMENT ( Studi Kasus Proyek Paket Pembangunan Jalan Boyolali – Kartosuro, Jawa Tengah, DPU Bina Marga )

*Rheza Arista  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Bambang Purwanggono  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Nia Budi Puspitasari  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Departemen Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Jawa Tengah merupakan suatu instansi pemerintah yang bergerak untuk melakukan perencanaan, pengawasan, serta pengendalian proyek pembangunan sarana dan prasarana negara yang berada dalam provinsi Jawa Tengah. Namun dalam paparan Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) dana APBD dan APBN 2011 Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah ditemukan banyak keterlambatan penyelesaian akhir proyek. Hal ini disebabkan oleh penerapan manajemen proyek yang tidak tepat dalam segi biaya dan waktu karena perencanaan dan pengendalian biaya dan waktu masih dipisahkan.

Dalam hal ini perlu diambil tindakan yang bertujuan dalam penyusunan aktifitas-aktifitas sehingga diperoleh Planned Value proyek, pengalokasikan sumber daya yang optimum, dilanjutkan bagaimana membuat perencanaan biaya mendatang. Pengendalian proyek dengan menggunakan metoda EVM dibutuhkan karena berguna sebagai early warning disaat terjadi deviasi dari Planned Value sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dalam proyek tersebut. Metode ini dipilih karena memudahkan dalam pengendalian tiga unsur kritis dalam manajemen proyek yaitu lingkup pekerjaan, waktu, dan biaya. Proyek yang dipilih dalam penerapan metode ini adalah Proyek Paket Pembangunan Jalan Boyolali – Kartosuro Jawa Tengah.

Hasil dari perhitungan EVM menunjukkan adanya pembengkakan dari rencana biaya dan perkiraan keterlambatan dalam waktu penyelesaian. EVM juga menunjukkan adanya perkiraan pembengkakan biaya akhir proyek yang besar. Salah satu pencegahan yang dilakukan untuk mengatasi kemungkinan keterlambatan proyek adalah dengan melakukan crashing karena dapat mereduksi waktu akhir penyelesaian proyek dan mengurangi besarnya pembengkakan biaya akhir proyek.

Fulltext
Keywords: earned value management; crashing; manajemen proyek

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.