BibTex Citation Data :
@article{IEOJ1033, author = {Roby Prissma and Singgih Saptadi}, title = {INVESTIGASI KECELAKAAN KERJA DI INDUSTRI MIGAS DENGAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {1}, number = {2}, year = {2012}, keywords = {Accident; Root Cause Analysis; Causal Factor Chart; Root Cause Map}, abstract = { China National Offshore Oil Corporate (CNOOC SES Ltd.) adalah salah satu perusahaan yang melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi. Perusahaan yang melakukan pekerjaan di wilayah lepas pantai ini memiliki resiko terjadinya kecelakaan ( accident ). Untuk accident pada kategori LTA yang menyebabkan kematian pada pekerja, kehilangan hari kerja, cacat permanen pada pekerja dalam 2 tahun terakhir sebanyak 23 kasus sehingga masih relative tinggi. Maka dalam penelitian ini mengambil salah satu kecelakaan dengan kategori loss time accident untuk dicari akar penyebab ( Root Cause ). Salah satu kecelakaan yang diteliti terjadi pada tanggal 11 Maret 2010 karena kasus tersebut memiliki potensi keparahan ( severity ) yang tinggi. Langkah pertama adalah pembuatan Causal Factor Chart berupa diagram sederhana yang menggambarkan kejadian. Selanjutnya mengidentifikasi akar penyebab ( root cause ) dengan menggunakan root cause map . Setelah mengidentifikasi penyebab – penyebab yang terjadi pada setiap causal factor tahap selanjutnya adalah membuat rekomendasi dari berbagai akar penyebab yang ada agar bisa diimplementasikan dengan benar dan efektif. }, pages = {85--94} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/1033} }
Refworks Citation Data :
China National Offshore Oil Corporate (CNOOC SES Ltd.) adalah salah satu perusahaan yang melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi. Perusahaan yang melakukan pekerjaan di wilayah lepas pantai ini memiliki resiko terjadinya kecelakaan (accident). Untuk accident pada kategori LTA yang menyebabkan kematian pada pekerja, kehilangan hari kerja, cacat permanen pada pekerja dalam 2 tahun terakhir sebanyak 23 kasus sehingga masih relative tinggi. Maka dalam penelitian ini mengambil salah satu kecelakaan dengan kategori loss time accident untuk dicari akar penyebab (Root Cause). Salah satu kecelakaan yang diteliti terjadi pada tanggal 11 Maret 2010 karena kasus tersebut memiliki potensi keparahan (severity) yang tinggi.
Langkah pertama adalah pembuatan Causal Factor Chart berupa diagram sederhana yang menggambarkan kejadian. Selanjutnya mengidentifikasi akar penyebab (root cause) dengan menggunakan root cause map. Setelah mengidentifikasi penyebab – penyebab yang terjadi pada setiap causal factor tahap selanjutnya adalah membuat rekomendasi dari berbagai akar penyebab yang ada agar bisa diimplementasikan dengan benar dan efektif.
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com