skip to main content

ANALISIS LITOLOGI DAN STRUKTUR GEOLOGI BERDASARKAN CITRA LANDSAT PADA AREA PROSPEK PANASBUMI GUNUNG TELOMOYO DAN SEKITARNYA, KABUPATEN MAGELANG, PROVINSI JAWA TENGAH

*Zendi Agista  -  Program Studi Teknik Geologi Universitas Diponegoro, Semarang
Prakosa Rachwibowo  -  Program Studi Teknik Geologi Universitas Diponegoro, Semarang
Yoga Aribowo  -  Program Studi Teknik Geologi Universitas Diponegoro, Semarang

Citation Format:
Abstract

Komplek Gunung Telomoyo merupakan salah satu daerah prospek panasbumi di Indonesia ditandai dengan munculnya manifestasi panasbumi di sekitarnya. Komplek Gunung Telomoyo terletak di Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Secara fisiografis terletak pada Zona Solo. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang model sistem panasbumi komplek Gunung Telomoyo berdasarkan data litologi, struktur geologi dari kenampakan citra satelite. Metode penelitian meliputi interpretasi citra, pengamatan lapangan yang dilanjutkan dengan metode analisis.

Dari hasil interpretasi citra satelite, didapatkan interpretasi litologi, geomorfologi dan pola kelurusan (lineament). Citra landsat yang digunakan yaitu citra komposit saluran 4R, 5G, 7B. Proses interpretasi citra ini menggunakan unsur – unsur dasar interpretasi citra seperti warna, bentuk, tekstur, rona, pola dan bayangan ditambah dengan interpretasi geologi yang meliputi relief atau morfologi. Interpretasi litologi didapatkan litologi lava, piroklastik dan alluvium. Struktur geologi hasil interpretasi citra  satelit meliputi, struktur sesar, struktur runtuhan (collapse) dan kelurusan (lineament). Struktur permukaan dianalisis melalui kerapatan lineament di permukaan dengan metode FFD (Fault Fracture Density). Berdasarkan peta FFD, diketahui bahwa daerah prospek panasbumi berada di daerah Candiumbul, Kendal Duwur, Keningar, Gunung Telomoyo, Candidukuh, dan baratlaut daerah penelitian. Analisis struktur geologi dari lineament menggunakan diagram roset diketahui arah umumnya yaitu barat – laut, timurlaut-baratdaya. Berdasarkan analisis petrografi, litologi penyusun berupa lava andesit dan piroklastik.

Berdasarkan survey lapangan, sistem panasbumi Gunung Telomoyo yang menjadi heat source berasal dari magma andesit – basaltik, lalu reservoir area panasbumi Gunung Telomoyo terdapat pada batuan piroklastik, dan cap rock nya yaitu lava andesit. 

Fulltext View|Download
Keywords: litologi, lineament, Fault Fracture density, sistem panasbumi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.