skip to main content

APLIKASI PGROUTING UNTUK PENENTUAN JALUR OPTIMUM AMBULAN DALAM PROSES MOBILISASI KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS MENUJU UNIT GAWAT DARURAT BERBASIS DESKTOP (Studi kasus : Kota Semarang)

1Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

2Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Published: 13 Nov 2015.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu kejadian gawat darurat yang memerlukan pertolongan medis sesegera mungkin agar nyawa korban bisa tertolong dengan pertolongan Ambulan dalam pencarian rute optimum menuju ke Unit Gawat Darurat (UGD). Pgrouting merupakan fungsi routing yang terdapat pada postgreSQL yang dapat membantu dalam pencarian rute optimum. 

Untuk mendapatkan rute optimum dari lokasi kecelakaan menuju UGD dilakukan pemetaan lokasi sebaran lokasi kecelakan dengan menggunakan GPS navigasi dan didukung dengan data atribut lokasi kecelakaan seperti lokasi, fungsi jalan, alamat, dan lain-lain. Selanjutnya pembuatan basis data dari data spasial dan data atribut menggunakan software PostgreSQL versi 9.4.0 dan PostGIS versi 2.1 dengan fitur PgRouting dan disajikan dalam bentuk sebuah aplikasi menggunakan Microsoft Visual Studio. Dari beberapa metode tersebut diperoleh informasi mengenai jalur optimum Ambulan menuju UGD.

Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi SIG berbasis desktop yang memberikan kemudahan bagi instansi terkait yang mengatur proses mobilisasi Ambulan untuk mengetahui rute optimum yang disertai dengan rute yang dilewati, jarak, dan waktu tempuh dan dapat digunakan oleh pengguna untuk memperbarui data dan informasi secara lengkap.

Kata Kunci : Ambulan, Aplikasi SIG, Rute Optimum, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

 

 ABSTRACK

Traffic accident is an incident that requires emergency medical services in order to save the victim. Pgrouting is one the best application to find the shortest route from the incident location to the nearest hospital. Therefore, the victim could be treated in quick. Pgroutingis a function contained in PostgreSQL that can help to search for the optimum route.

First data from GPS Navigation, supported with attribute data such as incident location, road function, address are processed with PostgreSQL 4.4 version and PostGIS 2.1 version software to get the basic data Microsoft visual studio is applied to process basic data into an optimum route application.

The result from this study is a desktop based GIS application. This application could ease to regulate the ambulance is mobilization process by giving the optimum route. The optimum route consist of route, distance and time frame.

 

Keywords : Ambulance, Geographic Information System, GIS Application, and Optimum Route,

 

*) Penulis, Penanggungjawab

Fulltext View|Download
Funding: Geodesy Engineering

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.