skip to main content

PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERSEBARAN LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID (Studi Kasus Desa Tulung Rejo dan Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri )

Program StudiTeknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 12 Nov 2015.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Desa Tulung Rejo dan Desa Pelem terletak di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Jawa Timur.Dikedua desa yang lebih umum dikenal dengan nama Kampung Inggris ini, tersebar 104 lembaga kursus bahasa Inggris. Dengan  lokasi yang cukup luas dan padat serta banyaknya jumlah lembaga kursus yang ada, ketersediaan akan informasi mengenai nama lembaga, lokasi dan fasilitas masih sangat sedikit. Oleh karena itu diperlukan sistem informasi geografis dimana sistem ini memberikan  dan mengatur informasi baik data spasial ataupun non spasial.

Penelitian ini menggunakan data koordinat yang diperoleh dari GPS Handheld. Proses pembuatan sistem informasi geografis dimulai dari perancangan aplikasi, yang terdiri dari perancangan dan skenario use case, activity diagram, class diagram dan perancangan user interface.Tahapan selanjutnya adalah pengkodean aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML5 menggunakan Framework Ionic. Tahapan akhir dari proses pembuatan aplikasi adalah dengan menguji coba aplikasi menggunakan emulator pada pc untuk memastikan aplikasi telah sesuai dengan rancangan, setelah uji coba tersebut berhasil dapat digunakan pada smartphone Android.    

Penelitian tugas akhir ini menghasilkan sebuah aplikasi mobileGIS tentang lembaga kursus bahasa Inggris di Desa Tulung Rejo dan Desa Pelem.Pada aplikasi ini terdapat informasi mengenai lembaga kursus, lokasi, fasilitas dan beberapa informasi pendukung. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber informasi yang dapat dikembangkan untuk memberikan informasi- informasi lain dimasa yang akan datang.

Kata kunci:Aplikasi  Mobile GIS, HTML5, Ionic, Kampung Inggris, Sistem Informasi Geografi,

 

ABSTRACT

Tulung Rejo village and Pelem village were located in Pare District, Kediri Regency, East Java. On these villages which were generally known as "Kampung Inggris", spreaded 104 english courses. By having wide-large area and large number of the courses, it still have less informations such as the names, locations, and facilities of those courses. In order to accomplish this problem, it was needed geographic information system to manage and provide spatial and non spatial data.

This research used coordinate data which was gotten by GPS handheld. First step was by designing an application, which consisted of use case scenario, activity diagram, class diagram, and user interface. The second was by coding the application using HTML 5 by framework ionic. The last was by running the application using emulator of pc for ensuring the application was match with the first plan. After it perfectly fixed, it can be appropriately compatible on Android

The output of this research was a mobile GIS application which had an informations about the courses at Tulung Rejo Village and Pelem Village. It offered the names, locations, facilities, and some other supporting informations. It was expected this application can provide useful informations and hopefully this research can be developed in the future.

Keywords: GIS, HTML5, Ionic, Kampung Inggris, Mobile GIS Application

 

*) Penulis Penanggungjawab

Fulltext View|Download
Funding: Geodesy Engineering

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.