skip to main content

Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Pertanian Berbasis Sistem Informasi Geografis Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Set (Studi Kasus : Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri)


Citation Format:
Abstract

Secara umum, Sistem Informasi Geografis merupakan alat berbasis komputer yang mampu memfasilitasi pemetaan dan melakukan analisis keruangan objek-objek di permukaan bumi. Sehingga sistem ini dapat untuk menganalisis kesesuaian lahan pertanian dengan menggunakan analisis spasial dan pencocokan antara data karakteristik lahan dari suatu daerah. Kesesuaian lahan merupakan kecocokan suatu jenis lahan tertentu untuk macam penggunaan tertentu. Pada tingkat kelas kesesuaian lahan dikelompokkan pada 5 kelas kesesuaian, yaitu S1 (sangat sesuai), S2 (cukup sesuai), S3 (sesuai marginal), N1 (tidak sesuai pada saat ini), dan N2 (tidak sesuai permanen).

Dalam penelitian ini untuk penentuan kelas kesesuaian lahan pada satuan lahan hasil overlay peta dilakukan dengan analisis matching dengan menggunakan metode Fuzzy Set. Sehingga pihak pengambil kebijakan dapat menjadikannya sebagai salah satu dasar dalam perencanaan tata guna lahan, khususnya di sektor pertanian sebagai perwujudan optimalisasi hasil pertanian.

Pada hasil dari analisis matching dengan menggunakan metode Fuzzy Set didapat suatu nilai dengan rentang dari 0 sampai dengan 1. Nilai inilah yang menjadikan suatu satuan lahan tersebut berada pada kelas kesesuaian lahan tertentu. Berdasarkan hasil analisis evaluasi kesesuaian lahan, untuk komoditas jagung, padi, cengkeh, cokelat, dan tebu di Kecamatan Eromoko berada pada kelas kesesuaian S1 (sangat sesuai) dan S2 (cukup sesuai). Sedangkan untuk komoditas kacang tanah, kedelai, bawang putih, dan kelapa di Kecamatan Eromoko berada pada kelas kesesuaian S1 (Sangat Sesuai).

Kata Kunci : Kesesuaian Lahan, Evaluasi Lahan, Tanaman Pertanian, Hortikultura, Perkebunan, Sistem Informasi Geografis, Matching,  Fuzzy Set.

Fulltext View|Download
Funding: Teknik Geodesi FT. Undip

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.