skip to main content

PEMBUATAN APLIKASI SEBARAN LOKASI WISATA KULINER DI KOTA SURAKARTA BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : Kota Surakarta)

Departemen Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 15 Nov 2017; Published: 15 Nov 2017.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

Kota Surakarta memiliki beragam jenis objek wisata kuliner yang menawarkan menu makanan bervarisasi. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana mereka dapat menemukan tempat yang belum pernah atau yang ingin mereka kunjungi dengan mudah. Melihat kondisi tersebut maka perlu adanya suatu media informasi geografis bagi masyarakat maupun wisatawan dari luar kota Surakarta untuk dapat mengetahui lokasi serta informasi yang terkait dengan objek kuliner tersebut.

Aplikasi Mobile GIS kini telah menjadi kebutuhan. Dalam penelitian ini, aplikasi Kulineran Solo berbasis Mobile GIS pada Smartphone Android dijadikan sebagai pilihan karena pertimbangan mobilitas masyarakat semakin tinggi dan tidak membutuhkan resource bandwidth yang besar dalam pengaksesannya. Kecepatan dan kemudahan pengguna dalam mencari dan mengindentifikasi tempat kuliner yang diinginkan menjadi tujuan utama dari penelitian ini.

Dengan bantuan teknologi Global Positioning System (GPS) yang berfungsi sebagai penunjuk lokasi sera Location Based Service (LBS), yang menyediakan informasi berdasarkan letak geografis perangkat mobile, maka aplikasi ini akan semakin mudah digunakan. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan Framework Android SDK, bahasa pemrogaman (Java dan PHP), JSON (Javascript Objek Notation) sebagai bahasa pemograman server side, MySQL sebagai basis data, dan Google Maps.

Aplikasi Android persebaran objek wisata kuliner di Kota Surakarta ini dapat dijadikan paduan wisata karena dilengkapi dengan fitur-fitur seperti posisi objek wisata kuliner, navigation (arah kemudi), list terdekat, nomor telepon, dan informasi seputar tempat kuliner di Kota Surakarta. Data disajikan dalam empat kategori (rumah makan, restoran, wedangan, galabo), disertai kolom pencarian dan fitur lainnya.

Fulltext View|Download
Keywords: Android, GPS, Kuliner, LBS, Surakarta

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.