skip to main content

STUDI DISTRIBUSI TOTAL SUSPENDED SOLID (TSS) DI PERAIRAN PANTAI KABUPATEN DEMAK MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT

Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 31 Jan 2017; Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

                Kecamatan Wedung dilalui oleh sungai utama dari DAS Serang yaitu Sungai Wulan yang bermuara di Pantai Utara Jawa, tepatnya di pesisir Kecamatan Wedung. Sungai Wulan yang digunakan oleh para nelayan sebagai jalur menuju laut lepas cenderung mengalami kerusakan dan pencemaran lingkungan. Sedimentasi di muara sungai telah meningkat dari tahun ke tahun. Sedimentasi yang tinggi dapat ditunjukkan dari tingginya nilai Total Suspended Solid (TSS) di perairannya.  TSS adalah material padatan, termasuk bahan organik dan anorganik yang tersuspensi di daerah perairan. Nilai konsentrasi padatan tersuspensi total yang tinggi dapat menurunkan aktivitas fotosintesis tumbuhan laut baik yang mikro maupun makro sehingga oksigen yang dilepaskan tumbuhan menjadi berkurang dan mengakibatkan ikan-ikan menjadi mati. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dilakukan penelitian dengan judul Studi Distribusi Total Suspended Solid (TSS) di Perairan Pantai Kabupaten Demak Menggunakan Citra Landsat.

Penelitian ini dilakukan dengan data temporal menggunakan  Landsat 7 akuisisi citra pada tahun 2003, dan 2013, serta Landsat 8 dengan akuisisi citra pada tahun 2016. Nilai distribusi TSS setiap tahun diperoleh dengan perhitungan algoritma dari penelitian sebelumnya yang disesuaikan dengan TSS insitu.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah algoritma empiris yang sesuai untuk pemetaan TSS di perairan pantai Kabupaten Demak dengan persamaan : TSS = -140,8x + 913,8 serta peta dari distribusi TSS di Kabupaten Demak pada tahun 2003, 2013, dan 2016.

 

Kata Kunci: Algoritma Empiris, Perairan Pantai, Kecamatan Wedung, Total Suspended Solid .

 

 

ABSTRACT

 

Wedung Subdistrict is traversed by main river of Serang watershed which is Wulan River which estuary in Northern Coast of Java, rather in the coastal Subdistrict Wedung. The tendency of wulan river can create damage and environment pollution. the sedimentation in estuary river increased from another year to other. High sedimentation can be showed from high value of TSS in waters. TSS are solid materials, including organic and anorganic, that are suspended in the water. The value of total suspended solids concentration can lower the activity of photosynthetic marine plants both micro and macro that released oxygen plant to be reduced and result in fish being dead. According to the condition, this research took a title which is entitle Study The Distribution of Total Suspended Solid (TSS) in The Coastal Waters of Demak Using Landsat Imagery.

The research using temporal data from landsat 7 imagery in 2003  and 2013 and landsat 8 in 2016. Then distribution value of TSS in every year is produced by the calculation of algorithm prior to the research that adapted  to TSS insitu.

The results which obtained from this research are the most suitable empirical algorithm for estimating TSS concertration in the coastal waters of Wedung Subdistrict. The equation are TSS= -140,8x + 913,8, and then  map  of TSS distribution in Demak in 2003, 2013 and 2016.

 

Keywords:Coastal waters of Demak,  Empirical Algorithm , Total Suspended Solid, Wedung Subdistrict

Fulltext View|Download
Keywords: Algoritma Empiris, Perairan Pantai, Kecamatan Wedung, Total Suspended Solid

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.