RANCANGAN D-OPTIMAL UNTUK REGRESI POLINOMIAL DUA FAKTOR DERAJAT DUA

Rosmalia Safitri, Tatik Widiharih, Triastuti Wuryandari

Abstract


Suatu penelitian dalam bidang kimia seringkali memerlukan suatu rancangan optimal untuk menentukan titik mana dari variabel prediktor yang akan dicobakan dengan tujuan memaksimalkan sejumlah informasi yang relevan sehingga terpenuhi kriteria yang diinginkan. Kriteria pemenuhan optimal didasarkan pada matriks rancangan dari model yang dipilih. Kriteria D-optimal digunakan untuk meminimalkan variansi dari estimasi parameter dengan cara memaksimalkan determinan matriks informasinya atau meminimalkan determinan matriks dispersinya. Pemilihan titik-titik dari variabel prediktor selain tergantung dari model yang dipilih juga tergantung dari banyaknya pengamatan yang diinginkan.

Kriteria D-optimal diaplikasikan pada data simulasi untuk kasus pengukuran nilai persentase kelarutan enam reaksi kimia berdasarkan nilai suhu dan lama reaksinya. Diperoleh kesimpulan bahwa determinan matriks informasi maksimal terjadi pada saat iterasi keempat dengan nilainya sebesar 2.2070 x 109.


Keywords


Rancangan Optimal, Matriks Informasi, Matriks Dispersi, Kriteria D-Optimal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




Creative Commons License
Jurnal Gaussian by Departemen Statistika Undip is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter