skip to main content

Model SEM: Pendekatan Kuantitatif untuk Analisis Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Shopee

*Maharani Ikaningtyas  -  Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia
Trimono Trimono  -  Program Studi Sains Data, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
Poppy Alvianolita Sanistasya  -  Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman, Indonesia
Rosyidatuzzahro Anisykurlillah  -  Program Studi Administrasi Publik, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Jurnal Gaussian under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Kemajuan teknologi membuat aktivitas ekonomi dapat menjangkau pelanggan dan wilayah yang lebih luas. Keberadaan aplikasi Shopee sebagai online shop menjadi sarana baru bagi pedagang dan UMKM untuk meningkatkan hasil penjualan. Namun dalam proses belanja dan transksi dengan penjual, masih terdapat berbagai masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Jika tidak ditangani dengan tepat, masalah tersebut dapat berpengaruh terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini akan mengkaji secara empiris mengenai faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan pada aplikasi Shopee. Covariance Based – Structural Equation Modeling (CB-SEM) akan dipilih sebagai model untuk analisis. Pemilihan ini didasarkan pada kelebihan CB-SEM yang mampu menganalisis hubungan kausal, dan menangani variabel laten yang tidak dapat diamati langsung. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 4 variabel laten yang berpengaruh langsung terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu Persepsi Keamanan, Pengalaman Berbelanja, Keanekaragaman Produk, dan Kepercayaan. Keanekaragaman Produk menjadi variabel yang memiliki pengaruh terbesar dengan nilai koefisien 0.512. Kepuasan Pelanggan juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, dengan koefisien pengaruh yang terbentuk adalah 0.452. Pada model penuh, semua kriteria Goodness of Fit telah terpenuhi, hal ini menunjukkan bahwa model CB-SEM mampu memodelkan dan memprediksi dengan baik mengenai faktor yang berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (7MB)    Indexing metadata
Keywords: Online Shop; Shopee; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas; SEM
Funding: UPN Veteran Jawa Timur

Article Metrics:

  1. Ahadiat, A. (2024) ‘5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023’, Kata Data. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023 (Accessed: 31 March 2024)
  2. Arka, Y.A.P. and Harususilo, Y.E. (2023) ‘Shopee Tetap Mendominasi Pasar E-commerce di Tengah Kehadiran Pemain Baru TikTok Shop Kompas.com - 26/06/2023, 08:00 WIB Yogarta Awawa Prabaning Arka, Yohanes Enggar Harususilo Tim Redaksi’, Kompas, pp. 1–5. Available at: https://money.kompas.com/read/2023/06/26/080000426/shopee-tetap-mendominasi-pasar-e-commerce-di-tengah-kehadiran-pemain-baru?page=all#google_vignette (Accessed: 31 March 2024)
  3. BPS Indonesia (2024) Proporsi Individu yang Menguasai/Memiliki Telepon Genggam Menurut Provinsi (Persen), 2021-2023, https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyMSMy/proporsi-individu-yang-menguasai-memiliki-telepon-genggam-menurut-provinsi.html
  4. Butarbutar, M. et al. (2021) ‘ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PININTA COFFEE PEMATANGSIANTAR ’, Maker: Jurnal Manajemen, 7(2), pp. 200–207
  5. Collier, J.E. (2020) Applied Structural Equation Modeling Using AMOS. Routledge. Available at: https://doi.org/10.4324/9781003018414
  6. Desky, H., Murinda, R. and Razali, R. (2022) ‘Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online’, Owner, 6(2), pp. 1812–1829. Available at: https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.772
  7. Efendi, A. and Rahmiati, R. (2020) ‘Persepsi keamanan, persepsi privasi, pengalaman serta kepercayaan terhadap belanja online’, Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(1). Available at: https://doi.org/10.24036/jkmb.10890000
  8. Elrado, M. (2014) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, dan Loyalitas (Survei pada Pelanggan yang Menginap di Jambuluwuk Batu Resort Kota Batu).’, Jurnal Administrasi Bisnis , 15(2)
  9. Indriasih, D. et al. (2022) ‘Review Literatur Pengujian Empiris Model Pembentukan Portofolio Optimal “Mean-Variance Markowitz’, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), pp. 2336–2354. Available at: https://doi.org/DOI: 10.36778/jesya.v5i2.843
  10. Irwan and Idris, A. (2014) ‘ANALISIS STRUCTURAL EQUATION MODELLING DAN TERAPANNYA’, TEKNOSAINS, 8(2), pp. 1–12
  11. Kakita, M.R.V. and Hosur, R. V. (2022) ‘Mahalanobis distance correlation: A novel approach for quantitating changes in multidimensional NMR spectra in biological applications’, Journal of Magnetic Resonance, 337, p. 107165. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jmr.2022.107165
  12. Kurniawati, A. and Ariyani, N. (2022) ‘Strategi Promosi Penjualan pada Marketplace Shopee’, PROPAGANDA, 2(1), pp. 65–79. Available at: https://doi.org/10.37010/prop.v2i1.514
  13. Kyriazos, T. and Poga, M. (2023) ‘Dealing with Multicollinearity in Factor Analysis: The Problem, Detections, and Solutions’, Open Journal of Statistics, 13(03), pp. 404–424. Available at: https://doi.org/10.4236/ojs.2023.133020
  14. Manihuruk, B.K. (2023) ‘ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT SHOPEE INDONESIA’, Journal Business and Management, 1(1), pp. 11–23
  15. Mardani, A. et al. (2020) ‘Evaluation of green and sustainable supply chain management using structural equation modelling: A systematic review of the state of the art literature and recommendations for future research’, Journal of Cleaner Production, 249, p. 119383. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119383
  16. Mustafa, M.Z. Bin, Nordin, M.N. Bin and Razzaq, A.R.B.A. (2020) ‘Structural Equation Modelling Using AMOS: Confirmatory Factor Analysis for Taskload of Special Education Integration Program Teachers’, Universal Journal of Educational Research, 8(1), pp. 127–133. Available at: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080115
  17. Novitasari, I. (2020) ‘ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN E- COMMERCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ALMA ATA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ANGKATAN 2018 – 2021’, IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 1(2), pp. 76–94
  18. Permadi, M. (2022) ‘FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN MUSLIM DI HOS COFFE KARTASURA ’, Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(3), pp. 89–96
  19. Prassida, G.F. and Giovano, V.R. (2023) ‘Analisis Kepuasan dan Niat Pelanggan Menggunakan Kembali Aplikasi Mobile Shopee Pada Gen-Z’, Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 4(2), pp. 141–149
  20. Putri, N.K., Septianti, D. and Fitriana, N. (2022) ‘ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE INDONESIA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG PENGGUNA SHOPEE ’, Jurnal Kompetitif, 11(2), pp. 52–56
  21. Raintung, M.C. (2019) ‘PEMASARAN ONLINE PRODUK UNGGULAN KOTA MANADO MELALUI MEDIA SOSIAL ONLINE (STUDI PADA MAHASISWA FEB UNSRAT)’, Jurnal EMBA, 7(4), pp. 5276–5285
  22. Ritonga, E.Y. et al. (2022) ‘Dampak Sistem Informasi terhadap Organisasi Medan Membaca’, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2(2), pp. 1416–1424
  23. Rohman, A.K.F. and Marlena, N. (2021) ‘PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BASKIN ROBBINS TP3 TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA’, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), pp. 1251–1257
  24. Santoso, D. (2019) Membonsai Hipertensi. . Jaringan Pena
  25. Sasongko, S.R. (2021) ‘FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN)’, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1)
  26. Sathyanarayana, S. and Mohanasundaram, T. (2024) ‘Fit Indices in Structural Equation Modeling and Confirmatory Factor Analysis: Reporting Guidelines’, Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 24(7), pp. 561–577. Available at: https://doi.org/10.9734/ajeba/2024/v24i71430
  27. Senjaya, V., Semuel, H. and Dharmayanti, D. (2013) ‘Pengaruh customer experience quality terhadap customer satisfaction & customer loyalty di kafe excelso tunjungan plaza surabaya: perspektif b2c’, Jurnal manajemen pemasaran petra, 1(1), pp. 1–15
  28. Setiadharma, S. and Machali, M. (2017) ‘The Effect of Asset Structure and Firm Size on Firm Value with Capital Structure as Intervening Variable’, Journal of Business & Financial Affairs, 06(04). Available at: https://doi.org/10.4172/2167-0234.1000298
  29. Sudaryono (2016) Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
  30. Sukma, B.C. and Murwanto, H. (2023) ‘ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN ’, SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(3), pp. 713–722
  31. Supertini, N.P.S., Telagawati, N.L.W.S. and Yulianthini, N.N. (2020) ‘Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja’, Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), p. 61. Available at: https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201
  32. Tampanguma, I.K., Kalangi, J.A.F. and Walangitan, O. (2022) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado’, Productivity, 3(1), pp. 7–12
  33. Tjiptono, F. (2014) Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
  34. Wang, K. et al. (2020) ‘A Corrected Goodness-of-Fit Index (CGFI) for Model Evaluation in Structural Equation Modeling’, Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal, 27(5), pp. 735–749. Available at: https://doi.org/10.1080/10705511.2019.1695213
  35. Wulandari, N.T. and Prihatini, A.E. (2022) ‘PENGARUH EMOSI POSITIF DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO)’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), pp. 81–91
  36. Yuliana and Purnama, I. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PO. Titian Mas Cabang Bima’, JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS, 4(2), pp. 162–170
  37. YUNINGSIH, Y. (2019) ‘Metode Delone dan Mclean Dalam Kepuasan Konsumen Terhadap Aplikasi Shopee. ’, BINA INSANI ICT JOURNAL, 6(1), pp. 55–64
  38. Zhang, M.F., Dawson, J.F. and Kline, R.B. (2021) ‘Evaluating the Use of Covariance‐Based Structural Equation Modelling with Reflective Measurement in Organizational and Management Research: A Review and Recommendations for Best Practice’, British Journal of Management, 32(2), pp. 257–272. Available at: https://doi.org/10.1111/1467-8551.12415

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.