BibTex Citation Data :
@article{J.Gauss50671, author = {Maharani Ikaningtyas and Trimono Trimono and Poppy Sanistasya and Rosyidatuzzahro Anisykurlillah}, title = {Model SEM: Pendekatan Kuantitatif untuk Analisis Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Shopee}, journal = {Jurnal Gaussian}, volume = {14}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {Online Shop; Shopee; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas; SEM}, abstract = {Kemajuan teknologi membuat aktivitas ekonomi dapat menjangkau pelanggan dan wilayah yang lebih luas. Keberadaan aplikasi Shopee sebagai online shop menjadi sarana baru bagi pedagang dan UMKM untuk meningkatkan hasil penjualan. Namun dalam proses belanja dan transksi dengan penjual, masih terdapat berbagai masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Jika tidak ditangani dengan tepat, masalah tersebut dapat berpengaruh terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini akan mengkaji secara empiris mengenai faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas dan kepuasan pelanggan pada aplikasi Shopee. Covariance Based – Structural Equation Modeling (CB-SEM) akan dipilih sebagai model untuk analisis. Pemilihan ini didasarkan pada kelebihan CB-SEM yang mampu menganalisis hubungan kausal, dan menangani variabel laten yang tidak dapat diamati langsung. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 4 variabel laten yang berpengaruh langsung terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu Persepsi Keamanan, Pengalaman Berbelanja, Keanekaragaman Produk, dan Kepercayaan. Keanekaragaman Produk menjadi variabel yang memiliki pengaruh terbesar dengan nilai koefisien 0.512. Kepuasan Pelanggan juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, dengan koefisien pengaruh yang terbentuk adalah 0.452. Pada model penuh, semua kriteria Goodness of Fit telah terpenuhi, hal ini menunjukkan bahwa model CB-SEM mampu memodelkan dan memprediksi dengan baik mengenai faktor yang berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas.}, issn = {2339-2541}, pages = {200--211} doi = {10.14710/j.gauss.14.1.200-211}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/gaussian/article/view/50671} }
Refworks Citation Data :
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Media Statistika journal and Department of Statistics, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses the rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Gaussian and Department of Statistics, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Gaussian journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Gaussian]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Dr. Rukun Santoso (Editor-in-Chief) Editorial Office of Jurnal GaussianDepartment of Statistics, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp./Fax: +62-24-7474754Email: jurnalgaussian@gmail.com
Jurnal Gaussian by Departemen Statistika Undip is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Visitor Number:
View statistics