skip to main content

REPRESENTING IMAGE AND TARGETED CUSTOMER OF SUB-BRANDS CIGARETTE PRODUCT THROUGH THE TAGLINE OF GUDANG GARAM ADVERTISEMENTS


Citation Format:
Abstract

Perusahaan rokok biasanya menggunakan berbagai macam strategi untuk mempromosikan produknya. Pembuatan slogan yang menarik untuk iklan dapat membangun posisi produk dan ketertarikan pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Gudang Garam menampilkan gambaran dari produknya melalui slogan iklan dengan menggunakan presuposisi. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana Gudang Garam menampilkan pembeli yang ditargetkan melalui slogan iklan dengan menggunakan referensi. Penulis menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan 29 (dua puluh sembilan) slogan iklan Gudang Garam sebagai total populasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih slogan yang berisi presuposisi dan referensi.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif qualitatif dan metode agih untuk menganilisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran keberadaan produk lebih menonjol. Terlebih lagi, pronoun digunakan secara langsung sebagai ekspresi penunjukan untuk menunjuk pembeli yang mereka targetkan. Berbagai macam slogan dalam produk yang sama kemungkinan memiliki bermacam-macam strategi untuk menunjukkan gambaran produk dan pembeli yang ditargetkan.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.