POLITENESS STRATEGIES IN DAISY’S UTTERANCES IN THE GREAT GATSBY NOVEL BY F. SCOTT FITZGERALD

Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Teori kesopanan digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menghindari adanya kesalahpahaman dalam komunikasi. Dalam teori ini ada beberapa macam strategi yang bisa digunakan untuk mengungkapkan sesuatu maksud tertentu. Salah satu karakter yang menonjol dalam novel yang ditulis F. Scott Fitzgerald ini adalah perempuan bernama Daisy. Beberapa ucapan Daisy dalam novel The Great Gatsby ini mengandung  strategi kesopanan. Penulis memilih karakter Daisy karena ia memiliki kepribadian yang unik.Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui kegunaan strategi kesopanan  dan sebab ia menggunakannya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang sistematis dan akurat. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan Simak Bebas Lihat Cakap karena penulis hanyak membaca novel tanpa terlibat dalam penulisan novel tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan taking note pada setiap kalimat yang diucapkan Daisy dalam novel tersebut.

Hasil penelitian ini adalah sebagian besar ucapan Daisy menggunakan strategi kesopanan, yaitu social distance, social closeness, bald on record, off record, face threatening act, face saving act, positive politeness, negative politeness dan pre-sequences. Ia menggunakan strategi kesopanan berdasarkan pada keadaan sosial dari lawan bicaranya.

Article Metrics: