CODE MIXING AND CODE SWITCHING IN “COSMOPOLITAN INDONESIA” MAGAZINE

Zeanita Tiffany Spallanzani

Abstract


Penggunaan alih kode dan campur kode dalam bahasa penulisan kini kian marak di masyarakat Indonesia terutama pada penulisan artikel di majalah.Majalah Cosmopolitan Indonesia merupakan salah satu majalah yang banyak memuat alih kode dan campur kode pada artikelnya.Adanya variasi bahasa dalam penulisan artikel menggunakan alih kode dan campur kode mempermudah penulis menyampaikan pesan dan juga pembaca untuk mengerti isi pesan. Selain itu penggunaan alih kode dan campur kode dengan bahasa asing menjadikan suatu gaya hidup atau tren baru dalam masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kegunaan dan faktor adanya alih kode dan campur kode yang terjadi di majalah Cosmopolitan Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penulisan final project ini adalah deskriptif kualitatif yang sistematis, nyata, dan akurat. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan note taking dalam artikel di majalah Cosmopolitan Indonesia, kemudian meneliti pada setiap kalimat dan tuturan yang ada dalam artikel.

Hasil penelitian final project ini ialah penggunaan alih kode dan campur kode dengan bahasa asing di majalah Cosmopolitan terjadi karena penulis ingin membuat pembaca lebih mudah menerima pesan yang disampaikan, bahasa yang digunakan sesuai dengan tren masa kini dan penggunaan bahasa yang lebih tepat dalam menyampaikan sesuatu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.