BOOK REVIEW OF DIARY OF A WIMPY KID: RODRICK RULES WRITTEN BY JEFF KINNEY

ADE IRMA MENTARI

Abstract


Sebagai salah satu karya sastra yang paling banyak digemari pembaca, novel fiksi menyajikan berbagai kisah fiktif yang dapat menghibur penikmatnya. Banyaknya genre novel dengan berbagai gaya tersendiri dari masing-masing penulis dapat memberikan nuansa keberagaman bagi para penikmatnya.

            Diary of A Wimpy Kid: Rodrick Rules, salah satu novel fiktif yang ditulis oleh Jeff Kinney ini diperuntukkan bagi anak-anak. Novel ini menyuguhkan jala ncerita yang jenaka dan menarik. Keunggulan dari novel ini tidak hanya terdapat pada jalan cerita dan format isinya yang disusun seperti diary sungguhan, tetapi juga dari pesan moral, gaya bahasa, humor yang menggelitik, dan sudut pandang yang tidak biasa.

            Terlepas dari keunggulan-keunggulan tersebut, Diary of A Wimpy Kid: Rodrick Rules juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain terdapatnya kata-kata dan coretan gambar yang mengandung unsure kekerasan. Dengan adanya keunggulan dan kelemahan tersebut, para pembaca diajak untuk menjadi pembaca yang cerdas dalam menelaah setiap informasi yang tertuang di sepanjang jalan cerita, terutama peran orang tua dalam mendampingi anak-anaknya dalam membaca novel tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.