MARIO TEGUH‟S PRESUPPOSITION IN THE “ GOLDEN WAYS” PROGRAM IN THE MAKING OF JODOH EPISODE

Ferina Kumala Dewi

Abstract


Mario Teguh, sebagai seorang motivator, tentunya memiliki banyak
strategi dalam berkomunikasi dengan penonton.Berbagai pilihan kata yang
digunakan adalah strategi untuk menyampaikan informasi dan pesan kepada
penonton. Salah satu strategi dalam berkomunikasi yang ia lakukan adalah dengan
pra anggapan (presupposition). Penulis tertarik untuk menganalisis presupposition
ini karena setiap orang melakukan komunikasi setiap hari. Penelitian ini termasuk
dalam penelitian pragmatik yaitu Pragmatic Presupposition. Metode yang
digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode simak bebas libat cakap
kemudian data dianalisis dengan metode padan pragmatik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Mario Teguh menggunakan 6 presupposition oleh Yule
dalam berkomunikasi yaitu factive presupposition, existensial presupposition, non
factive presupposition, lexical presupposition, structural presupposition, dan
counterfactual presupposition. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa
Mario Teguh menggunakan shared knowledgeuntuk memotivati penonton.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.