skip to main content

THE TRANSITIVITY SYSTEM IN STATEMENT OF PURPOSE AS A PART OF STUDY PROPOSAL TEXT


Citation Format:
Abstract

Ada dua jenis teks, yaitu teks lisan dan teks tertulis. Baik teks lisan maupun teks tertulis masing-masing memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Dalam penelitian ini, penulis memilih salah satu teks tertulis, yaitu Statement of Purpose yang merupakan bagian dari teks Study Proposal. Penulis tertarik meneliti jenis teks ini karena teks Statement of Purpose diasumsikan memiliki makna ideasional yang dapat dikaji lebih lanjut. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah analisis transitivity system pada teks Statement of Purpose sebagai bagian dari Study Proposal yang diambil dari website UC Berkeley. Untuk itu, penulis memakai Systemic Functional Grammar yang diperkenalkan oleh Halliday (2004) sebagai alat analisis dengan didukung oleh teori-teori Eggins(1994).

            Penelitian ini bertujuan menjelaskan makna ideasional yang ingin diungkapkan oleh penulis teks Statement of Purpose melalui transitivity system. Data yang digunakan adalah seluruh klausa yang terdapat dalam teks Statement of Purpose. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan documentary method dan Simak Bebas Libat Cakap.

 

            Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam teks Statement of Purpose, makna ideasional yang ingin disampaikan oleh penulis terbagi menjadi tiga bagian. Bagian yang pertama yaitu pengenalan. Pada bagian pengenalan, penulis Statement of Purpose memberikan gambaran mengenai identitas, latar belakang dan ketertarikannya terhadap salah satu bidang. Bagian kedua yaitu isi dimana penulis Statement of Purpose menjelaskan apa saja yang telah ia lakukan di masa lampau. Bagian yang terakhir yaitu penutup. Pada bagian ini, penulis menjelaskan tentang rencana masa depan, alasan kenapa dia memilih UC Berkeley dan pendapatnya mengenai universitas tersebut.

 

 

Kata kunci : Statement of Purpose, transitivity system, ideational meaning

 

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.