CASUAL LANGUAGE STYLE METEOR NEWSPAPER HEADLINES

Dian Supriatin Ningsih

Abstract


Dalam penulisan essai ini penulis ingin mempelajari lebih mendalam tentang casual language style pada harian koran Meteor. Penulis mengambil topik macam-macam karakteristik casual language style dalam penulisan headline pada harian koran Meteor.

Penulis menggunakan pendekatan Sosiolinguistik untuk menyusun dan mengolah data yang berupa 8 headline koran Meteor terbit (1-7 september 2014). Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode padan translational dan untuk pengumpulan data menggunakan documentary method. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif.

 

Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa delapan headline Koran Meteor yang ditulis menggunakan casual language style memiliki karakteristik sebagai berikut: beberapa headline ditulis menggunakan kata dari bahasa jawa, terdapat beberapa istilah yang disingkat dalam penulisannya, penulisan menggunakan kata non-standard dan menggunakan stylistic persamaan bunyi suku kata. Penggunaan casual language style membuat penulis lebih dekat dengan addressee (pembaca) Koran Meteor.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.