skip to main content

CONSUMERISM IN THE USERS OF APPLE COMPUTER, INC. PRODUCTS (A Case Study of Faculty of Law Diponegoro University)


Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Produk teknologi perusahaan Apple Computer, Inc. adalah salah satu artefak budaya Amerika dan sangat popular di Amerika Serikat serta negara maju lainnya meski baru popular di tahun 1984 setelah didirikan pada tahun 1976. Gadget Apple seperti iPhone, Macbook dan iPod memang populer di telinga pengguna teknologi komputer dan ponsel pintar. Namun kepopuleran ini tidak sesuai dengan jumlah pemilik gadget Apple di Indonesia. Produk Apple Computer, Inc. memiliki dua sisi yaitu sebagai budaya popular dan bagian dari budaya ekonomi menengah ke atas. Namun mahasiswa Universitas Diponegoro dalam penelitian ini sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum masing-masing memiliki lebih dari satu produk Apple yang sering disimbolkan kaum muda sebagai gaya hidup mereka. Melihat hal tersebut, Apple Computer, Inc tidak hanya membawa pengaruh kapitalisme Amerika kepada penggunanya melainkan juga ideologi konsumerisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ideologi konsumerisme masuk dan diaplikasikan sehari-hari oleh mahasiswa Fakultas Hukum pengguna produk-produk Apple. Lebih jauh lagi penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui beberapa aspek kuat konsumerisme yang terdapat dalam gaya hidup Apple mahasiswa. Hasil Analisis menunjukkan jenis oligopoli pasar yang diterapkan oleh Apple Computer, Inc mempengaruhi pola konsumsi pengguna produk Apple. Kemudian, aspek sumber materi adalah poin utama penentu gaya hidup konsumerisme mahasiswa.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.