skip to main content

Spirit of Black Descendant Encouragement as Reflected in Black Gold Lyric by Esperanza Spalding


Citation Format:
Abstract

Karya sastra selain menjadi cerminan masyarakat pada masa tertentu juga berfungsi sebagai media bagi pembuat karya sastra untuk menyuarakan buah pemikirannya kepada khalayak. Salah satu jenis karya sastra yang dibahas dalam skripsi ini adalah puisi atau disebut juga lirik. Dalam skripsi ini, penulis tertarik untuk menganalisis bagaimana lirisis mencoba menyampaikan pemikirannya pada kelompok minoritas kulit hitam di masyarakat sekarang, khususnya di Amerika. Penulis memilih lirik lagu ‘Black Gold’ yang ditulis oleh seorang wanita keturunan kulit hitam bernama Esperanza Spalding. Jika ditilik, lirik ‘Black Gold’ bertujuan untuk mendorong orang-orang keturunan kulit hitam supaya maju. Dalam menganalisis lirik ‘Black Gold’ ini, penulis membahas analisis unsur intrinsik yang terdiri dari diksi, imaji, bahasa kiasan, serta rima yang kemudian dikorelasikan dengan unsur ekstrinsik yakni bentuk-bentuk baru diskriminasi kulit hitam di masyarakat saat ini. Untuk lebih memahami mengapa lirik Black Gold ini ditulis, penulis juga mengaitkan dengan teori sosiologi sastra milik Hippolyte Taine.

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui maksud lirisis dalam menulis ‘Black Gold’ melalui analisis unsur intrinsik yang didukung dengan bukti-bukti diskriminasi terhadap orang-orang keturunan kulit hitam di masyarakat saat ini.

Bentuk-bentuk diskriminasi yang berasal dari prasangka ternyata memiliki dampak psikologis terhadap target diskriminasi. Selain itu, ternyata ada korelasi antara stereotip orang-orang kulit hitam dengan pandangan politik seseorang. Penulis menggunakan studi pustaka dalam mengumpulkan rujukan-rujukan dalam skripsi ini.

Hasil analisis menunjukkan bahwa ada korelasi antara maksud lirisis dalam menulis ‘Black Gold’ yang terwakili lewat analisis unsur intrinsik dengan bentuk-bentuk baru diskriminasi yang dihadapi oleh orang-orang keturunan kulit hitam saat ini.

 

 

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.